Record Details

Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa SMP

Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa SMP
 
Creator Fitriyah, Nur Lailatul
Ulwiyah, Nur
 
Subject Internalisasi, Nilai-nilai Pendidikan Islam, Karakter.
 
Description Internalisasi merupakan proses penanaman sikap ke dalam pribadi seseorang melalui binaan, agar ego menguasai secara mendalam suatu nilai serta menghayati sehingga dapat tercermin dalam sikap laku sesuai dengan standar yang diharapkan.Nilai pendidikan Islam merupakan tingkatan integritas kepribadian yang mencapai tingkat budi (insan al-kamil). Karakter adalah ciri khas seseorang dalam berperilaku yang membedakan dirinya dengan orang lain.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam terhadap karakter siswa di SMPIT Ar Ruhul Jadid Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, angket dan dokumentasi dengan teknik analisis regresi linier sederhana,sampel penelitian 94 responden. Prosentase internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam97%.Karakter siswa 97%. Hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh nilai F hitung 85,729dengan nilai sig. (p. Value) sebesar 0,000.Karena nilai sig. (p. Value) < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kaa lain 0,000< 0,05, maka keputusan yng diambil terdapat pengaruh yang signifikan antara internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam terhadap karakter siswa di SMPIT Ar Ruhul Jadid Jombang.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)
 
Contributor
 
Date 2019-12-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/1999
 
Source Jurnal Pendidikan Islam; Vol 3, No 2 (2019): Desember; 247-269
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/1999/1064
 
Rights ##submission.copyrightStatement##