Record Details

Manajemen Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pengembangan Kurikulum Bidang Studi Fiqih di Madrasah Tsanawiyah

Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Manajemen Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pengembangan Kurikulum Bidang Studi Fiqih di Madrasah Tsanawiyah
 
Creator Wulandari, Siska
Solichin, Mujianto
Mukhlisin, Mukhlisin
 
Subject Manajemen, Kepemimpinan Kepala Madrasah, Pengembangan Kurikulum.
 
Description Kepala madrasah memiliki peran strategis dalam memimpin proses pembelajaran dalam rangka meningkatkan kualitas mutu pelayanan pendidikan sepanjang didaulat menjadi lokomotif tertinggi di institusi yang dipimpinnya. Tugas pemimpin di institusi pendidikan ini menjalankan amanah mulia sebagai nahkoda pengembangan, pengelolaan, pengembangan diri dan seluruh warga madrasah madrasah yang dipimpinnya. Permendikbud Nomor 13 Tahun 2007 yang berisi tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Kepala Sekolah menegaskan bahwa kepala madrasah menjadi tokoh kunci keteladanan tertinggi di lembaga pendidikan dalam segala hal meliputi pembentukan karakter (character building), manajerial sekolah, supervisi  guru dan tenaga kependidikan, pengembangan kewirausahaan dan kerjasama (kemitraan).  Peran manajerial kepala madrasah tergambarkan dalam rapot mutu yang merupakan representasi dari 8 standar nasional pendidikan. Pengelolaan kurikulum menjadi salah satu tugas kepala madrasah yang secara gamblang bertanggungjawab memimpin kebijakan kurikulum di tingkat lembaga sekaligus pelaksanaannya di tingkat kelas dalam bentuk pembelajaran.  Sebagai lembaga pendidikan tingkat menengah di Kabupaten Jombang, MTs Darul Hikmah Desa Beji Kecamatan Jogoroto merealisasikan pengembangan dan pengelolaan kurikulumnya sesuai standar nasional pendidikan, baik aspek kepimpinan demokratis yang dijadikan model pengelolaan institusi maupun penerapan unsur-unsur manajemen yang humanis.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)
 
Contributor
 
Date 2021-12-19
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/2737
 
Source Jurnal Pendidikan Islam; Vol 5, No 2 (2021): Desember; 116-138
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/2737/1317
 
Rights ##submission.copyrightStatement##