Record Details

Pembentukan Kecerdasan Linguistik dan Keterampilan Membaca Alquran Siswa Madrasah Tsanawiyah

Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pembentukan Kecerdasan Linguistik dan Keterampilan Membaca Alquran Siswa Madrasah Tsanawiyah
 
Creator Mufidah, Siti Nur Amaliyatul
Mukhlisin, Mukhlisin
 
Subject Kecerdasan Linguistik, Keterampilan Membaca.
 
Description Setiap manusia memiliki 8 (delapan) jenis kecerdasan, namun hanya beberapa orang yang dominan. Salah satunya Kecerdasan linguistik (bahasa). Permasalahan utama dalam membaca Alquran adalah banyak orang yang memiliki kecerdasan bahasa namun dalam membaca Alquran belum sesuai kaidah yang ditentukan misalnya seperti kurang memahami hukum bacaan atau tajwid, makhārij al-ḥurūf dan lain-lain. Tujuan penelitian diarahkan pada upaya mengetahui korelasi antara kecerdasan linguistik dan keterampilan membaca. Jenis Penelitian Kuantitatif dengan uji analisis statistik korelasi product moment. Hasil penelitian bahwa variabel x kecerdasan linguistik Prosentase 3,144%.Variabel y keterampilan membaca prosentase 3,052%. Dibuktikan bahwa rxy = 0,993 dan N = 60, maka r tabel = 0, 27. Ternyata r hitung lebih besar daripada r tabel, maka terdapat korelasi antara variable x dan variable y. Penelitian ini memperoleh kesimpulan terdapat korelasi antara kecerdasan linguistik siswa dengan keterampilan membaca pada materi Alquran Hadis.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)
 
Contributor
 
Date 2020-06-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/2119
 
Source Jurnal Pendidikan Islam; Vol 4, No 1 (2020): Juni; 59-78
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/2119/1127
 
Rights ##submission.copyrightStatement##