Record Details

Efektivitas Metode Active Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X-A di SMA Darul Ulum 3 Peterongan Jombang

Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Efektivitas Metode Active Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X-A di SMA Darul Ulum 3 Peterongan Jombang
 
Creator Mubayyinah, Nurrahmatika
Ashari, Moh. Yahya
 
Subject metode active learning, hasil belajar, pendidikan agama islam.
 
Description Masalah yang dihadapi dunia pendidikan lemahnya proses pembelajaran, anak kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Pembelajaran Active Learning untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki anak didik mencapai hasil belajar yang memuaskan sesuai karakteristik pribadi yang dimiliki.Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada hubungan metode active learning dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Di SMA Darul ‘Ulum 3 Peterongan Jombang. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dokumentasi, angket. Teknik analisis rumus prosentase dan product moment. Data penelitian diketahui dengan nilai prosentase metode Active Learning tergolong kurang, sebesar 40,41%. Hasil belajar, prosentase tergolong cukup baik, sebesar 56,22%. Efektivitas metode belajar Active Learning dalam meningkatkan hasil belajar, dikatakan lemah atau rendah, H0 diterima nilai rxy = 0,308735 lebih kecil nilai batas 5% dalam tabel 0,36. Tabel interprestasi r = 0,20 – 0,40 menunjukkan hubungan yang rendah. Adanya metode active learning bisa tercapainya pembelajaran pendidikan agama Islam, siswa lebik aktif, kreatif, dan berprestasi.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)
 
Contributor
 
Date 2017-06-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/1017
 
Source Jurnal Pendidikan Islam; Vol 1, No 1 (2017): Juni; 76-93
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/1017/723
 
Rights ##submission.copyrightStatement##