Peran Kepala Sekolah dalam Manajemen Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Hidayatullah Batang Kuis Sumatera Utara Medan
Jurnal Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peran Kepala Sekolah dalam Manajemen Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Hidayatullah Batang Kuis Sumatera Utara Medan
|
|
Creator |
Fadla, Sarah Lailatil
Nasution, Inom Ramadani, Suci Situmorang, Heni Sovia Br Maqfiroh, Lusi |
|
Subject |
Peran Kepala Sekolah, Manajemen Pembelajaran.
|
|
Description |
Kepala sekolah adalah tenaga kependidikan yang memiliki tugas, tanggung jawab, berwenang dan hak secara penuh dalam kegiatan manajemen pembelajaran di sekolah. Peran kepala sekolah dalam manajemen pembelajaran yaitu mengelola, mengatur, mengembangkan, dan mengevaluasi pembelajaran di sekolah. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam manajemen pembelajaran di MIS Hidayatullah Batang Kuis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu meneliti peran kepala sekolah dalam manajemen pembelajaran di MIS Hidayatullah Batang Kuis. Prosedur dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan alat pengumpulan data seperti alat perekam dan pedoman wawancara. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil bahwa: Peran kepala sekolah dalam memanajemen pembelajaran di MIS Hidayatullah Batang Kuis yaitu, selalu mengadakan rapat dengan para guru di sekolah untuk membahas segala aspek yang ada di sekolah khususnya tentang manajemen pembelajaran, menghimbau para guru agar selalu menerapkan nilai- nilai islami dalam melaksanakan pembelajaran, dengan tujuan agar nilai- nilai islami tersebut tertanam dalam diri peserta didik, mengevaluasi bagaimana kinerja para tenaga pendidik di sekolah tersebut, memanajemen sumber daya manusia yang berkompeten, agar peserta didik, tenaga pendidik, serta staf yang terlibat dalam perkembangan pembelajaran sekolah dapat melaksanakan aktivitasnya dengan sungguh- sungguh dalam proses belajar mengajar, baik dalam lingkungan sekolah maupun diluar sekolah.
|
|
Publisher |
Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-12-19
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel Peer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/2731
|
|
Source |
Jurnal Pendidikan Islam; Vol 5, No 2 (2021): Desember; 17-34
|
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/2731/1311
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
|
|