Record Details

Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Alquran pada Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mahfudz Seblak Jombang

Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Alquran pada Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mahfudz Seblak Jombang
 
Creator Hasunah, Umi
Jannah, Alik Roichatul
 
Subject metode Ummi, pembelajran, Alquran.
 
Description Dalam pembelajaran Alquran dibutuhkan suatu metode. Metode Ummi merupakan metode pembelajaran Alquran yang baik dan benar. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan penerapan metode Ummi, mengetahui keunggulan metode Ummi, mengetahui kendala yang muncul dalam pembelajaran Alquran pada santri putri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mahfudz Seblak Jombang. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis flow model. Ada empat tahapan dalam flow model, yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi proses pembelajaran Alquran metode Ummi dilakukan melalui tujuh tahapan pembelajaran dan keunggulan metode Ummi terletak pada sistem yang menjamin mutu, yang dikenal dengan sembilan pilar sistem mutu. Kendala pembelajaran apabila ada santri yang datang terlambat maka ustadz/ustazah tidak bisa mengulang materi yang tertinggal karena setiap tahapan pembelajaran sudah ditentukan waktunya masing-masing.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)
 
Contributor
 
Date 2017-12-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/1026
 
Source Jurnal Pendidikan Islam; Vol 1, No 2 (2017): Desember; 160-175
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/1026/728
 
Rights ##submission.copyrightStatement##