Record Details

Kemampuan Adaptasi Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah yang Berlatar Belakang Pendidikan Umum

Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Kemampuan Adaptasi Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah yang Berlatar Belakang Pendidikan Umum
 
Creator Rosanda, Firda
Hasunah, Umi
 
Subject Proses Pembelajaran, Kemampuan Adaptasi, Hasil Pembelajaran.
 
Description Kemampuan Adaptasi berhubungan dengan proses pembelajaran karena merupakan salah satu bagian keberhasilan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kemampuan adapatasi belajar siswa yang berlatar belakang pendidikan umum terhadap hasil pembelajaran Alquran Hadis di MTs Negeri Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Uji analisis product moment. Dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu variabel kemampuan adaptasi yang berlatar belakang pendidikan umum (x), dan hasil pembelajaran Alquran Hadis (y). Dari data penelitian dapat diketahui melalui prosentase bahwa kemampuan adaptasi didapatkan prosentase sebesar 32,32%. Sedangkan hasil pembelajaran siswa kelas VII didapatkan prosentase 81,25%. Hal ini dibuktikan dengan r hitung = 0,780 dan r tabel = 0,279 ternyat r hitung lebih besar dari r tabel. Artinya Ha “diterima’ Ho “ditolak”. Dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh antara kemampuan adaptasi belajar siswa yang berlatar belakang pendidikan umum tehadap hasil pemebelajaran Alquran Hadis siswa kelas VII di MTs Negeri Mojokerto”.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)
 
Contributor
 
Date 2019-12-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/1998
 
Source Jurnal Pendidikan Islam; Vol 3, No 2 (2019): Desember; 230-246
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/1998/1063
 
Rights ##submission.copyrightStatement##