Record Details

Pengaruh Quantum Learning dengan Teknik Musik Instrumen terhadap Konsentrasi Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah

Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Quantum Learning dengan Teknik Musik Instrumen terhadap Konsentrasi Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah
 
Creator Qomariana, Anna
Jazilah, Annisa’ul
 
Subject Musik instrumen, konsentrasi belajar siswa.
 
Description Dengan adanya iringan musik yaitu salah satu kunci menuju quantum learning. karena musik sebenarnya berhubungan dan mempengaruhi kondisi fisiologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh quantum learning dengan teknik musik instrumen terhadap konsentrasi belajar siswa di MTs Plus Darul ‘Ulum Rejoso Peterongan Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dokumentasi dan angket. Teknik analisis penelitian ini menggunakan rumus prosentase dan Product Moment. Dalam penelitian ini terdiri dari 2 variabel, yaitu quantum learning dengan teknik musik instrumen (X),dan konsentrasi belajar siswa (Y). Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa variabel X tergolong kurang, yaitu sebesar 42,5%. Sedangkan untuk variabel Y tergolong cukup, yaitu sebesar 56,5%. Dari hasil Product Moment dapat diketahui bahwa terbukti diterimanya Ha dan ditolaknya Ho dengan nilai rxy = 18,3802. Yang berarti terdapat hubungan yang signifikan musik instrumen terhadap konsentrasi belajar siswa di MTs Plus Darul ‘Ulum Rejoso Peterongan Jombang.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)
 
Contributor
 
Date 2018-06-08
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/1979
 
Source Jurnal Pendidikan Islam; Vol 2, No 2 (2018): Desember; 194-211
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/1979/1042
 
Rights ##submission.copyrightStatement##