Pengaruh Quantum Learning dengan Teknik Musik Instrumen terhadap Konsentrasi Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah
Jurnal Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengaruh Quantum Learning dengan Teknik Musik Instrumen terhadap Konsentrasi Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah
|
|
Creator |
Qomariana, Anna
Jazilah, Annisa’ul |
|
Subject |
Musik instrumen, konsentrasi belajar siswa.
|
|
Description |
Dengan adanya iringan musik yaitu salah satu kunci menuju quantum learning. karena musik sebenarnya berhubungan dan mempengaruhi kondisi fisiologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh quantum learning dengan teknik musik instrumen terhadap konsentrasi belajar siswa di MTs Plus Darul ‘Ulum Rejoso Peterongan Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara dokumentasi dan angket. Teknik analisis penelitian ini menggunakan rumus prosentase dan Product Moment. Dalam penelitian ini terdiri dari 2 variabel, yaitu quantum learning dengan teknik musik instrumen (X),dan konsentrasi belajar siswa (Y). Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa variabel X tergolong kurang, yaitu sebesar 42,5%. Sedangkan untuk variabel Y tergolong cukup, yaitu sebesar 56,5%. Dari hasil Product Moment dapat diketahui bahwa terbukti diterimanya Ha dan ditolaknya Ho dengan nilai rxy = 18,3802. Yang berarti terdapat hubungan yang signifikan musik instrumen terhadap konsentrasi belajar siswa di MTs Plus Darul ‘Ulum Rejoso Peterongan Jombang.
|
|
Publisher |
Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2018-06-08
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel Peer-review |
|
Format |
—
|
|
Identifier |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/1979
|
|
Source |
Jurnal Pendidikan Islam; Vol 2, No 2 (2018): Desember; 194-211
|
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/1979/1042
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
|
|