Implementasi Model Blanded Learning Pada Mata Pelajaran Alquran Hadis Masa Pandemi di MA Khozinatul Ulum Blora
Jurnal Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Implementasi Model Blanded Learning Pada Mata Pelajaran Alquran Hadis Masa Pandemi di MA Khozinatul Ulum Blora
|
|
Creator |
Ivanka, Meilinda Setya
|
|
Subject |
Implementasi, Blanded Learning, Alquran Hadis.
|
|
Description |
Pandemi covid-19 yang melanda dunia, terutama Indonesia. Pendidikan di Indonesia menjadi salah satu imbasnya. Pendidikan di Indonesia tida boleh melakukan pembelajaran secara tatap muka, hal itu disebabkan karena untuk menghindari kerumunan masa yang dikhawatirkan akan menambah kasus dari covid-19. MA Khozinatul Ulum Blora yang merupakan salah satu madrasah yang terus melakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan sistem blanded learning. Meskipun termasuk program baru, namun pembelajaran tersebut dibilang sudah cukup bagus dan efisien. Pembelajaran Blanded Learning tersebut menggunakan aplikasi pendukung yaitu Google Classroom, sebab dirasa ringan dan tidak terlalu memberatkan peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode tersebut dirasa tepat untuk menyelesaikan permasalahan yang ada terkait topik model blanded learning yang terintegrasi ke dalam sistem pembelajaran di madrasah . Penelitian ini mengambil lokus di MA Khozinatul Ulum Blora. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara yang digali langsung dari narasumber guru yang berasal dari madrasah tersebut. Setelah melakukan berbagai analisis data hasil penelitian, diketahui dalam pembelajaran blanded learning bidang akademik terdapat dampak perubahan hasil pembelajaran yang diperoleh siswa secara signifikan. Adapun dalam hal perilkau atau akhlak peserta didik pun tidak jauh berbeda. Keluhan orang tua menjadi tantangan tersendiri bagi guru PAI terutama guru Alquran Hadis. Permasalahan tersebut menjadikan guru semakin intensif berupaya melakukan pembelajaran dan tentu menjadi tantangan baru yang membutuhkan kerja keras berjibaku meningkatkan perbaikan mutu pembelajaran. Walhasil, Implementasi pembelajaran dalam mata pelajaran Alquran Hadis nampaknya telah berjalan dengan baik meskipun terbentuk beberapa kendala teknis selama proses pelaksanaanya. Pihak sekolah senantiasa melakukan berbagai perbaikan sistem pembelajaran dalam rangka upaya terbaiknya menjaga efektivitas pembelajaran tetap berjalan dengan lancar dan efektif sesuai yang harapan seluruh warga madrasah.
|
|
Publisher |
Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-08-04
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel Peer-review |
|
Format |
—
|
|
Identifier |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/2745
|
|
Source |
Jurnal Pendidikan Islam; Vol 5, No 1 (2021): Juni; 98-112
|
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/2745/1323
|
|
Rights |
##submission.copyrightStatement##
|
|