Record Details

Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua dan Persepsi Siswa Tentang Fasilitas Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa

Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua dan Persepsi Siswa Tentang Fasilitas Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa
 
Creator Maftuhatin, Lilik
Rosyid, Hari Zakaria
 
Subject Pengaruh, Status Sosial Ekonomi Orangtua, Fasilitas Sekolah, Hasil Belajar.
 
Description Sosial ekonomi merupakan status suatu gambaran tentang keadaan seseorang atau masyarakat yang dilihat dari segi sosial ekonominya. fasilitas sekolah adalah segala perlengkapan yang dibutuhkan untuk membantu dan mempermudah kegiatan belajar mengajar sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan. hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akhlaq adalah kemampuan siswa dalam menguasai materi Akhlaq yang diajarkan oleh guru melalui berbagai evaluasi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua serta persepsi siswa tentang Fasilitas Sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akhlaq di MAN Tambakberas Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode angket dan dokumentasi dengan teknik analisis regresi linier berganda,sampel penelitian 83. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh nilai F hitung 40.683 dengan nilai sig. (p. Value) sebesar 0,000.Karena nilai sig. (p. Value) < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain 0,000< 0,05. R square diketahui sebesar 0,607. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel independen X1, X2 60,7% berhubungan dengan variabel terikat. Sedangkan 39,3% merupakan error. maka keputusan yng diambil terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orangtua dan fasilitas sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akhlaq di MAN Tambakberas.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)
 
Contributor
 
Date 2019-06-09
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/1989
 
Source Jurnal Pendidikan Islam; Vol 3, No 1 (2019): Juni; 97-123
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/1989/1053
 
Rights ##submission.copyrightStatement##