Record Details

Implementasi Metode Cooperative Integrated Reading and Composition dan Media Jam Dinding Tajwid dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ)

Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Implementasi Metode Cooperative Integrated Reading and Composition dan Media Jam Dinding Tajwid dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ)
 
Creator Widiana, Galuh Tisna
Hasunah, Umi
Sari, Dira Dwi Kartika
 
Subject CIRC, Media Jam Dinding Tajwid, Hasil Belajar, BTQ.
 
Description Tujuan penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) dan media jam dinding tajwid sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran mulok Baca Tulis al-Qur’an (BTQ) di SDN Lebakrejo 1 Purwodadi Pasuruan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus sesuai dengan model Kemmis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Lebakrejo 1 Purwodadi Pasuruan sebanyak 14 siswa. Penelitian ini dilaksanakan karena hasil belajar siswa rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pada tahap pra siklus, 1 siswa tuntas dengan rata-rata 42,86 dan prosentase ketuntasan 7,13 %. Pada tahap siklus 1 hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 68,93 dengan prosestase ketuntasan 42,9 % dan siklus 2 meningkat dengan prosentase 100 % dengan rata-rata 90. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan media jam dinding tajwid dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Lebakrejo 1 Purwodadi Pasuruan.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)
 
Contributor
 
Date 2021-12-19
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/2650
 
Source Jurnal Pendidikan Islam; Vol 5, No 2 (2021): Desember; 1-16
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpi/article/view/2650/1290
 
Rights ##submission.copyrightStatement##