Home Visit sebagai Refleksi Kurikulum Darurat Covid-19: Kesiapan Guru, Respon Siswa, Materi dan Hasil Belajar di Madrasah Tsanawiyah
Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Home Visit sebagai Refleksi Kurikulum Darurat Covid-19: Kesiapan Guru, Respon Siswa, Materi dan Hasil Belajar di Madrasah Tsanawiyah
|
|
Creator |
Mokodompit, Intan Safitri
|
|
Subject |
Home visit, kurikulum, Covid-19.
|
|
Description |
MTs N 1 Kotamobagu menerapkan program home visit sebagai salah satu solusi mengatasi kesulitan belajar siswa dan merupakan tindakan preventif mengurangi miskomunikasi antara guru dan siswa dalam pembelajaran online dimasa pandemi Covid-19. Kegiatan ini juga dilakukan untuk mendapatkan keterangan-keterangan atau data yang dibutuhkan dalam memahami lingkungan dan kondisi belajar siswa selama diterapkannya pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. Dengan demikian, dalam rangka evaluasi tentang efektifitas proses pembelajaran demi meningkatkan pelayanan pendidikan dan pengajaran di MTs N 1 Kotamobagu pada masa Covid-19, mengingat terdapat berbagai fenomena yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam pembelajaran online dan pelaksanaan program home visit, maka penulis melakukan eksplanasi pedagogik dengan paradigma positivistik pada kebijakan madrasah dalam kegiatan home visit sebagai refleksi kurikulum darurat Covid-19 dengan mengukur tingkat kesiapan guru, respon siswa, materi dan hasil belajar di MTs N 1 Kotamobagu dengan skala pengukuran atau rating scale penelitian kualitatif deskriptif melalui penyebaran angket sebagai penguatan data pada hasil pengamatan dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan home visit membantu guru dalam mendapatkan informasi tentang keluhan siswa dan orang tua selama pembelajaran jarak jauh dimasa pandemi Covid-19, meskipun pada pelaksanaanya home visit terasa kurang maksimal dilakukan karena rasio jumlah guru dan siswa tidak seimbang. Guru Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kotamobagu memiliki tingkat kesiapan dengan kategori 80,10% guru siap dalam pelaksanaan home visit dengan respon siswa terhadap program home visit 79,17% siswa merespon dengan baik, sementara materi pelajaran hanya 65% yang tersampaikan dari target yang diharapkan dengan presentase target pencapaian hasil belajar 69%.
|
|
Publisher |
Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-12-22
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/2200
10.26594/dirasat.v6i2.2200 |
|
Source |
Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam; Vol 6, No 2 (2020): December; 119-131
Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam; Vol 6, No 2 (2020): December; 119-131 2527-6190 2503-3506 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/2200/1155
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Intan Fitri
|
|