Record Details

Desain Manajemen Pendidikan dengan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP

Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Desain Manajemen Pendidikan dengan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP
Desain Manajemen Pendidikan dengan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP
 
Creator Fitriyah, Afif Lailatil
Putra, Miftakhul Ilmi S
Solichin, Mujianto
Amrulloh, Amrulloh
Anwar, M Ansor
 
Subject Problem based learning, desain manajemen pendidikan, motivasi belajar
Problem based learning, desain manajemen pendidikan, motivasi belajar.
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan desain manajemen pendidikan dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Mojokerto. Sampel penelitian adalah 34 siswa kelas VIII G SMP Negeri 5 Kota Mojokerto. Penelitian pengembangan ADDIE dilaksanakan pada bulan Oktober-Desember 2019 menggunakan metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data melalui tes kognitif, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Mojokerto. Motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran IPA menggunakan PBL adalah valid dan positif.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan desain manajemen pendidikan dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Mojokerto. Sampel penelitian adalah 34 siswa kelas VIII G SMP Negeri 5 Kota Mojokerto. Penelitian pengembangan ADDIE dilaksanakan pada bulan Oktober-Desember 2019 menggunakan metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data melalui tes kognitif, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Mojokerto. Motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran IPA menggunakan PBL adalah valid dan positif.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum
 
Contributor

 
Date 2020-12-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/2220
10.26594/dirasat.v6i2.2220
 
Source Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam; Vol 6, No 2 (2020): December; 195-213
Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam; Vol 6, No 2 (2020): December; 195-213
2527-6190
2503-3506
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/2220/1162
 
Rights Copyright (c) 2021 Afif Lailatil Fitriyah, Miftakhul Ilmi S Putra, Mujianto Solichin, Amrulloh Amrulloh, M Ansor Anwar