Desain Manajemen Pendidikan dengan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP
Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Desain Manajemen Pendidikan dengan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP
Desain Manajemen Pendidikan dengan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP |
|
Creator |
Fitriyah, Afif Lailatil
Putra, Miftakhul Ilmi S Solichin, Mujianto Amrulloh, Amrulloh Anwar, M Ansor |
|
Subject |
Problem based learning, desain manajemen pendidikan, motivasi belajar
Problem based learning, desain manajemen pendidikan, motivasi belajar. |
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan desain manajemen pendidikan dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Mojokerto. Sampel penelitian adalah 34 siswa kelas VIII G SMP Negeri 5 Kota Mojokerto. Penelitian pengembangan ADDIE dilaksanakan pada bulan Oktober-Desember 2019 menggunakan metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data melalui tes kognitif, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Mojokerto. Motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran IPA menggunakan PBL adalah valid dan positif.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan desain manajemen pendidikan dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Mojokerto. Sampel penelitian adalah 34 siswa kelas VIII G SMP Negeri 5 Kota Mojokerto. Penelitian pengembangan ADDIE dilaksanakan pada bulan Oktober-Desember 2019 menggunakan metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data melalui tes kognitif, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Mojokerto. Motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran IPA menggunakan PBL adalah valid dan positif. |
|
Publisher |
Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum
|
|
Contributor |
—
— |
|
Date |
2020-12-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
—
|
|
Identifier |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/2220
10.26594/dirasat.v6i2.2220 |
|
Source |
Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam; Vol 6, No 2 (2020): December; 195-213
Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam; Vol 6, No 2 (2020): December; 195-213 2527-6190 2503-3506 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/2220/1162
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Afif Lailatil Fitriyah, Miftakhul Ilmi S Putra, Mujianto Solichin, Amrulloh Amrulloh, M Ansor Anwar
|
|