Record Details

Pengasuhan Anak Yatim dalam Prespektif Pendidikan Islam

Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengasuhan Anak Yatim dalam Prespektif Pendidikan Islam
 
Creator Masyhari, Fauziyah
 
Subject pendidikan Islam, anak yatim, pola asuh | Islamic education, orphans, parenting.
 
Description Artikel ini membahas pengasuhan anak yatim dalam perspektif pendidikan Islam. Ada dua pertanyaan penting: (1) apa maksud pengasuhan anak yatim itu? (2) bagaimana pola asuh anak yatim dalam pendidikan Islam? Kajian ini menyimpulkan bahwa: (1) pengasuhan anak yatim yaitu proses perbuatan mengasuh, menjaga, dan membimbing yang dilakukan oleh orang dewasa, sebagai upaya membentuk kepribadian yang sempurna (kāmil); (2) Pola asuh anak yatim memiliki dua bentuk, yaitu: pertama, bentuk keluarga, di mana keluarga tertentu mengangkat anak yatim untuk dijadikan anak asuh; kedua, bentuk panti asuhan atau asrama yang biasanya dikelola oleh yayasan tertentu.This article discusses the care of orphans in the perspective of Islamic education. There are two important questions: (1) what is an orphan care? (2) how is the pattern of orphan care in Islamic education? This study concludes that: (1) upbringing of orphans is the process of parenting, guarding and guiding by adults, in an attempt to form a perfect personality (kāmil); (2) The pattern of foster care of orphans has two forms, namely: first, the form of the family, in which the particular family appoints the orphan to be a foster child; second, the form of an orphanage or dormitory that is usually managed by a particular foundation.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum
 
Contributor
 
Date 2017-06-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/875
10.26594/dirasat.v2i2.875
 
Source Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam; Vol 2, No 2 (2017); 233-251
Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam; Vol 2, No 2 (2017); 233-251
2527-6190
2503-3506
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/875/634