Record Details

Implementasi Pendidikan Aswaja sebagai Strategi Pencegahan Paham Radikalisme Siswa SMK

Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Implementasi Pendidikan Aswaja sebagai Strategi Pencegahan Paham Radikalisme Siswa SMK
 
Creator Thohiri, M. Kholid
Rizqiyah, Aini
 
Subject Pendidikan, Aswaja, radikalisme.
 
Description Menangkal bahaya terorisme akibat dari radikalisme agama tidak dapat diselesaikan hanya melalui jalur hukum, militer, polisi, dan pemerintah, tetapi tetapi juga perlu melibatkan dunia pendidikan. SMK NU Tulungagung juga memiliki peta jalan yang jelas tentang pengajaran Islam moderat dan inklusif sesuai dengan karakter Ahl al-Sunnah wa al-Jamā‘ah (Aswaja), sekaligus mengandung upaya yang tegas untuk mencegah penyebaran paham radikalisme di kalangan pelajar. Dalam artikel ini penulis mengungkap implementasi pendidikan Aswaja di SMK NU Tulungagung sebagai strategi mencegah pemahman radikalisme siswa. penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. prosedur pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah, yaitu reduksi data, display (penyajian) data dan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, perpanjangan pengamatan dan ketekunan pengamatan. Implementasi pendidikan Aswaja di SMK NU Tulungagung sebagai strategi pencegahan paham radikalisme siswa di lakukan melalui beberapa program pembelajaran. Pertama, melalui penguatan kemampuan ritual keagamaan Ahl al-Sunnah wa al-Jamā‘ah. Kedua, melalui pembelajaran nilai-nilai Aswaja, yaitu tasāmuḥ, tawāzun, tawassuṭ dan i‘tidāl di dalam kelas maupun di luar kelas, dengan menggunakan model pembelajaran aktif siswa. Sedangkan implikasinya adalah mengembangkan pembelajaran Aswaja dan menanamkan nilai-nilai luhur Aswaja kepada para siswa. Sehingga mereka mampu membentengi diri dari pengaruh atau ajakan kelompok radikal.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum
 
Contributor
 
Date 2021-06-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/2292
10.26594/dirasat.v7i1.2292
 
Source Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam; Vol 7, No 1 (2021): June; 79-94
Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam; Vol 7, No 1 (2021): June; 79-94
2527-6190
2503-3506
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/2292/1253
 
Rights Copyright (c) 2021 M. Kholid Thohiri, Aini Rizqiyah