Record Details

Etnomatematika: Analisis Problem Solving Pada Mata Kuliah Program Linier Berbasis Kearifan Lokal

JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Etnomatematika: Analisis Problem Solving Pada Mata Kuliah Program Linier Berbasis Kearifan Lokal
 
Creator Nisrina, Hana
Agustin, Dwi Saviana Risqi
Mahmudah, Umi
 
Subject Pendidikan Matematika; Matematika; Pendidikan
Etnomatematika; Problem Solving; Program Linier; Kearifan Lokal
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan etnomatematika terhadap kemampuan problem solving mahasiswa berbasis kearifan lokal, yaitu situs makam Sapuro di Pekalongan, Jawa Tengah. Penelitian kuantitatif digunakan dengan menggunakan lembar tes dan observasi. Variabel terikat yang digunakan adalah kemampuan problem solving mahasiswa pada sistem persamaan linier dua variabel. Penelitian ini menggunakan 26 sampel yang dikategorikan menjadi 3 kelompok. Metode analysis of variance (ANOVA) satu arah digunakan untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Hasil penelitian didapatkan nilai statistik Fhitung = 1,02 < Ftabel = 3,38. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan tidak ada pengaruh pengetahuan siswa dalam bidang etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
 
Contributor
 
Date 2021-04-07
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/2075
10.26594/jmpm.v6i1.2075
 
Source JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 6, No 1 (2021): Maret - Agustus 2021; 72-80
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 6, No 1 (2021): Maret - Agustus 2021; 72-80
2502-9878
2502-986X
 
Language eng
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/2075/1222
 
Rights Copyright (c) 2021 JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0