Record Details

Efektivitas Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Komik pada Siswa SD

JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Efektivitas Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Komik pada Siswa SD
 
Creator Nugroho, Setiaji
Shodikin, Ali
 
Subject Matematika; Pendidikan; Pendidikan Matematika
student team achievment division (stad); komik; efektivitas
 
Description Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kecenderungan pembelajaran yang berpusat pada guru menjadikan siswa kurang aktif. Salah satu alternatif untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran STAD (Student Team Achievment Division) berbantuan media komik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan STAD berbantuan komik pada materi bangun ruang kubus di kelas V MI Muhammadiyah 02 Laren Lamongan ditinjau dari tingkat ketuntasan belajar siswa, tingkat aktivitas siswa, tingkat aktivitas, dan tingkat respon siswa. Subyek penelitian ini melibatkan 17 siswa. Diperoleh hasil bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal dinyatakan tuntas sebesar 94,1%, persentase aktivitas aktif siswa sebesar 88,25% dengan kategori aktif, persentase aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran sebesar 89,15% dengan kategori baik, dan persentase respon positif siswa sebesar 96,47% dengan kategori baik.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
 
Contributor
 
Date 2018-03-26
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/1067
10.26594/jmpm.v3i1.1067
 
Source JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 3, No 1: Maret - Agustus 2018; 22-32
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 3, No 1: Maret - Agustus 2018; 22-32
2502-9878
2502-986X
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/1067/778
 
Rights Copyright (c) 2018 JMPM