Record Details

Analisis Koherensi Silabi Tematik Terpadu Sekolah Dasar Terkait Tema Binatang dan Tumbuh-Tumbuhan

Education and Human Development Journal

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Koherensi Silabi Tematik Terpadu Sekolah Dasar Terkait Tema Binatang dan Tumbuh-Tumbuhan
 
Creator Basuki, Edi Pujo
 
Subject Silabi Tematik Terpadu Sekolah Dasar; koherensi; tema; topic; fakta / informasi konten bidang studi; Analisis Semantik
 
Description Implementasi Kurikulum Tematik Sekolah Dasar di Indonesia telah mengubah fokus pembelajaran dari pembelajaran berfokus pada bidang studi secara terpisah bergeser pada tema dengan beragam kompetensi terpadu (1). Sejalan dengan pendapat Dewey bahwa pendidik perlu menciptakan kegitan kelas yang mengikuti prinsip prinsip keterlanjutan dan keterpaduan (2). Dalam pembelajaran tematik, konten (kompetensi dasar) bidang studi yang relevan terintegrasi dalam pembelajaran tematik. Keterpaduan kompetensi tersebut menunjukkan keterkaitan tema, sub-tema (topik) dan beragam fakta atau informasi (3). Koherensi ketiganya akan memperkuat pemahaman siswa (4). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa koherensi siliabi tematik Sekolah Dasar. Fokus analisis dibatasi pada tema terkait binatang dan tumbuhan. Disain penelitian adalah diskriptif kualitatif. Sumber data dokumen silabi tematik terpadu Kelas I,II, dan III. Instrumen pengumpulan data lembar observasi. Metode analisis adalah Analisis semantik yang fokus pada relasi makna hypernymy dan hyponymy. Hasil analisis menunjukkan koherensi global silabi tematik mendekati sempurna dengan ambiguitas sekitar 12% terkait relevansi dan skop konteks. Sedangkan koherensi lokal mencapai 90% dengan ambiguitas 10%.
 
Publisher Universitas Nahdatul Ulama Surabaya
 
Date 2020-09-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/1738
10.33086/ehdj.v5i2.1738
 
Source Education and Human Development Journal; Vol. 5 No. 2 (2020): Educatioan and Human Development Journal; 61-69
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA; Vol 5 No 2 (2020): Educatioan and Human Development Journal; 61-69
2599-0292
2541-0156
10.33086/ehdj.v5i2
 
Language eng
 
Relation https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/1738/1219
 
Rights Copyright (c) 2020 Edi Pujo Basuki
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0