Analisis Koherensi Silabi Tematik Terpadu Sekolah Dasar Terkait Tema Binatang dan Tumbuh-Tumbuhan
Education and Human Development Journal
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Analisis Koherensi Silabi Tematik Terpadu Sekolah Dasar Terkait Tema Binatang dan Tumbuh-Tumbuhan
|
|
Creator |
Basuki, Edi Pujo
|
|
Subject |
Silabi Tematik Terpadu Sekolah Dasar; koherensi; tema; topic; fakta / informasi konten bidang studi; Analisis Semantik
|
|
Description |
Implementasi Kurikulum Tematik Sekolah Dasar di Indonesia telah mengubah fokus pembelajaran dari pembelajaran berfokus pada bidang studi secara terpisah bergeser pada tema dengan beragam kompetensi terpadu (1). Sejalan dengan pendapat Dewey bahwa pendidik perlu menciptakan kegitan kelas yang mengikuti prinsip prinsip keterlanjutan dan keterpaduan (2). Dalam pembelajaran tematik, konten (kompetensi dasar) bidang studi yang relevan terintegrasi dalam pembelajaran tematik. Keterpaduan kompetensi tersebut menunjukkan keterkaitan tema, sub-tema (topik) dan beragam fakta atau informasi (3). Koherensi ketiganya akan memperkuat pemahaman siswa (4). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa koherensi siliabi tematik Sekolah Dasar. Fokus analisis dibatasi pada tema terkait binatang dan tumbuhan. Disain penelitian adalah diskriptif kualitatif. Sumber data dokumen silabi tematik terpadu Kelas I,II, dan III. Instrumen pengumpulan data lembar observasi. Metode analisis adalah Analisis semantik yang fokus pada relasi makna hypernymy dan hyponymy. Hasil analisis menunjukkan koherensi global silabi tematik mendekati sempurna dengan ambiguitas sekitar 12% terkait relevansi dan skop konteks. Sedangkan koherensi lokal mencapai 90% dengan ambiguitas 10%.
|
|
Publisher |
Universitas Nahdatul Ulama Surabaya
|
|
Date |
2020-09-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/1738
10.33086/ehdj.v5i2.1738 |
|
Source |
Education and Human Development Journal; Vol. 5 No. 2 (2020): Educatioan and Human Development Journal; 61-69
JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN MANUSIA; Vol 5 No 2 (2020): Educatioan and Human Development Journal; 61-69 2599-0292 2541-0156 10.33086/ehdj.v5i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/1738/1219
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Edi Pujo Basuki
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|