Record Details

PEMBELAJARAN KOLABORATIF PADA MATEMATIKA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER GENERASI

JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PEMBELAJARAN KOLABORATIF PADA MATEMATIKA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER GENERASI
 
Creator Khoiriyah, Annisatul
 
Subject Matematika, Pendidikan, Pendidikan Matematika
pembelajaran kolaboratif; matematika; pembentukan karakter
 
Description Terwujudnya  karakter  generasi  yang  mampu  menghadapi  berbagai tantangan  merupakan  amanah  pendidikan  yang  dituangkan  dalam Kurikulum  2013.  Terbentuknya  karakter  yang  diharapkan  dapat diwujudkan  dengan  proses pembelajaran  yang  tepat.  Pembelajaran kolaboratif  yang  didasarkan  pada  konstruktivis  sosial  dapat mendorong terbentuknya  karakter  yang  diharapkan.  Pembelajaran kolaboratif  juga  memfasilitasi  terbentuknya  inisiatif, kreatifitas, kemampuan  berpikir  kritis,  dan  dialog  pada  siswa  ketika  membentuk pemahaman.  Pemahaman  yang kuat  akan  terbentuk  dengan  proses berpikir  secara hierarkis  yang  ditopang  oleh  argumen-argumen  yang kuat. Pola  pembentukan  pemahaman  demikian  diberikan  oleh pembelajaran  matematika.  Pembelajaran  matematika secara  khusus juga  mewujudkan  karakter  yang  melekat  pada  matematika.  Walhasil, pembelajaran  matematika dengan  proses  kolaboratif  yang berkesinambungan  akan mampu  membentuk  generasi  yang  memiliki kekuatan pemahaman dan karakter yang dibutuhkan.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
 
Contributor
 
Date 2016-04-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/502
10.26594/jmpm.v1i1.502
 
Source JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016; 13-22
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016; 13-22
2502-9878
2502-986X
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/502/444