Proses Berpikir Siswa Quitter dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV Berdasarkan Langkah-langkah Polya
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Proses Berpikir Siswa Quitter dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV Berdasarkan Langkah-langkah Polya
|
|
Creator |
Irianti, Nathasa Pramudita
Subanji, Subanji Chandra, Tjang Daniel |
|
Subject |
Matematika
Proses Berpikir; Pemecahan Masalah; Sistem Persamaan Linear Dua Variabel; Quitter |
|
Description |
Penelitian bertujuan mendeskripsikan proses berpikir siswa quitter dalam menyelesaikan masalah SPLDV. Pertama, dilakukan tes ARP (Adversity Response Profile) untuk mengetahui tipe adversity quotient dari masing-masing siswa. Selanjutnya, dipilih siswa dengan tipe quitter. Siswa diberikan tugas pemecahan masalah SPLDV dan wawancara berbasis tugas. Dalam pemecahan masalah ini, digunakan langkah-langkah pemecahan polya yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, menyelesaikan masalah sesuai perencanaan, dan memeriksa kembali hasil yang telah diperoleh. Hasilnya, siswa dengan tipe quitter melakukan asimilasi saat memahami masalah dan akomodasi pada langkah menyusun rencana penyelesaian, menyelesaikan masalah sesuai perencanaan, dan memeriksa kembali hasil yang telah diperoleh. Untuk masalah rumit, siswa dengan tipe quitter melakukan asimilasi salah (asimilasi yang memberikan hasil salah) ataupun akomodasi tidak sempurna karena informasi yang dimiliki kurang.
|
|
Publisher |
Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2016-09-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/582
10.26594/jmpm.v1i2.582 |
|
Source |
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 1, No 2: September 2016 - Februari 2017; 133-142
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 1, No 2: September 2016 - Februari 2017; 133-142 2502-9878 2502-986X |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/582/513
|
|