Record Details

Implementasi Pendekatan Saintifik Melalui Problem Based Learning Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika

JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Implementasi Pendekatan Saintifik Melalui Problem Based Learning Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika
 
Creator Pratama, Loviga Denny
Lestari, Wahyu
Jailani, Jailani
 
Subject Pendidikan Matematika
pendekatan saintifik, PBL, minat, prestasi belajar matematika
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik melalui Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIID SMP Negeri 2 Gamping. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh skor minat belajar siswa tergolong dalam kriteria rendah (skor 66,84). Hasil tes prestasi belajar matematika juga masih kurang memuaskan, dengan tidak adanya siswa yang tuntas (nilai  75). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil siklus pertama menunjukkan persentase siswa yang tuntas dalam tes prestasi belajar meningkat menjadi 53,13%. Demikian juga dengan minat belajar juga meningkat ke kategori sedang (skor 82,81). Selanjutnya, di siklus 2 minat belajar kembali meningkat ke kategori tinggi (skor 92,28). Demikian juga dengan persentase siswa yang tuntas dalam prestasi belajar meningkat menjadi 78,13%.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
 
Contributor
 
Date 2018-03-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/1051
10.26594/jmpm.v3i1.1051
 
Source JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 3, No 1: Maret - Agustus 2018; 11-21
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 3, No 1: Maret - Agustus 2018; 11-21
2502-9878
2502-986X
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/1051/751
 
Rights Copyright (c) 2018 JMPM