Implementasi Pendekatan Saintifik Melalui Problem Based Learning Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Implementasi Pendekatan Saintifik Melalui Problem Based Learning Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika
|
|
Creator |
Pratama, Loviga Denny
Lestari, Wahyu Jailani, Jailani |
|
Subject |
Pendidikan Matematika
pendekatan saintifik, PBL, minat, prestasi belajar matematika |
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik melalui Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIID SMP Negeri 2 Gamping. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh skor minat belajar siswa tergolong dalam kriteria rendah (skor 66,84). Hasil tes prestasi belajar matematika juga masih kurang memuaskan, dengan tidak adanya siswa yang tuntas (nilai 75). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil siklus pertama menunjukkan persentase siswa yang tuntas dalam tes prestasi belajar meningkat menjadi 53,13%. Demikian juga dengan minat belajar juga meningkat ke kategori sedang (skor 82,81). Selanjutnya, di siklus 2 minat belajar kembali meningkat ke kategori tinggi (skor 92,28). Demikian juga dengan persentase siswa yang tuntas dalam prestasi belajar meningkat menjadi 78,13%.
|
|
Publisher |
Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2018-03-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/1051
10.26594/jmpm.v3i1.1051 |
|
Source |
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 3, No 1: Maret - Agustus 2018; 11-21
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 3, No 1: Maret - Agustus 2018; 11-21 2502-9878 2502-986X |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/1051/751
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 JMPM
|
|