Record Details

Persepsi Mahasiswa terhadap 4K dalam Pembelajaran Matematika

JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Persepsi Mahasiswa terhadap 4K dalam Pembelajaran Matematika
 
Creator Sulistyorini, Yunis
Napfiah, Siti
 
Subject Pendidikan Matematika
perception; 4C; learning; mathematics
 
Description Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang pentingnya 4K (Kritis, Kreatif, Komunikatif, dan Kolaboratif) dalam pembelajaran matematika. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa sebagian besar responden memilih tanggapan setuju dengan persentase rata-rata 57% untuk komponen kritis, sebagian besar responden memilih tanggapan setuju dengan persentase rata-rata 59% untuk komponen kreatif, sebagian besar responden memilih tanggapan setuju dengan persentase rata-rata 51% untuk komponen komunikatif, dan responden memilih tanggapan setuju dengan persentase rata-rata 49% serta tanggapan sangat setuju dengan persentase rata-rata 49% untuk komponen kolaboratif. Dengan demikian, sebagian besar mahasiswa merasa bahwa 4K penting dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian, para pengajar matematika disarankan untuk menerapkan pembelajaran berbasis 4K.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
 
Contributor Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
 
Date 2019-03-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/1541
10.26594/jmpm.v4i1.1541
 
Source JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 4, No 1: Maret - Agustus 2019; 73-86
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 4, No 1: Maret - Agustus 2019; 73-86
2502-9878
2502-986X
 
Language eng
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/1541/930
 
Rights Copyright (c) 2019 JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika