Persepsi Mahasiswa terhadap 4K dalam Pembelajaran Matematika
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Persepsi Mahasiswa terhadap 4K dalam Pembelajaran Matematika
|
|
Creator |
Sulistyorini, Yunis
Napfiah, Siti |
|
Subject |
Pendidikan Matematika
perception; 4C; learning; mathematics |
|
Description |
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang pentingnya 4K (Kritis, Kreatif, Komunikatif, dan Kolaboratif) dalam pembelajaran matematika. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa sebagian besar responden memilih tanggapan setuju dengan persentase rata-rata 57% untuk komponen kritis, sebagian besar responden memilih tanggapan setuju dengan persentase rata-rata 59% untuk komponen kreatif, sebagian besar responden memilih tanggapan setuju dengan persentase rata-rata 51% untuk komponen komunikatif, dan responden memilih tanggapan setuju dengan persentase rata-rata 49% serta tanggapan sangat setuju dengan persentase rata-rata 49% untuk komponen kolaboratif. Dengan demikian, sebagian besar mahasiswa merasa bahwa 4K penting dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian, para pengajar matematika disarankan untuk menerapkan pembelajaran berbasis 4K.
|
|
Publisher |
Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
|
|
Contributor |
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
|
|
Date |
2019-03-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/1541
10.26594/jmpm.v4i1.1541 |
|
Source |
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 4, No 1: Maret - Agustus 2019; 73-86
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 4, No 1: Maret - Agustus 2019; 73-86 2502-9878 2502-986X |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/1541/930
|
|
Rights |
Copyright (c) 2019 JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
|
|