PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA
|
|
Creator |
Kelen, Yoseph Pius Kurniawan
|
|
Subject |
Matematika, Pendidikan, Pendidikan Matematika
Pendekatan Problem posing; Kemampuan Berpikir Kreatif |
|
Description |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Problem Posing. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas VII SMP Negeri Neonbat Tahun Ajaran 2014/2015. Peneliti menggunakan data primer dan teknik pengumpulan datanya yaitu observasi dan tes. Observasi dilakukan pada setiap berlangsungnya proses pembelajaran, sedangkan tes dilakukan pada setiap akhir siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan sebesar 19.44%, dimana pada siklus I persentase kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 63,89% dan pada siklus II meningkat menjadi 83,33%. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa Pendekatan Problem posing dapat Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.
|
|
Publisher |
Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2016-03-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/513
10.26594/jmpm.v1i1.513 |
|
Source |
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016; 55-64
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016; 55-64 2502-9878 2502-986X |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/513/455
|
|