Record Details

Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis dan Self-Concept Siswa Melalui Pendekatan Saintifik pada Materi Trigonometri

JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis dan Self-Concept Siswa Melalui Pendekatan Saintifik pada Materi Trigonometri
 
Creator Z, Yulia Rahmawati
Priatna, Nanang
Nurjanah, Nurjanah
 
Subject Pendidikan Matematika
Koneksi; Self-Concept; Pendekatan Saintifik
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan self-concept siswa SMA melalui pendekatan saintifik pada materi trigonometri. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain control group pretest-postest dan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling sehingga terpilih dua kelompok pada kelas X SMAN 1 Pangkalan Koto Baru. Kelompok eksperimen diberi pembelajaran melalui pendekatan saintifik (PS) sedangkan kelompok kontrol diberi pembelajaran biasa (PB). Instrumen penelitian terdiri dari tes tertulis dan angket self-concept yang dianalisis dengan uji statistik t-test atau Mann Whitney. Hasil analisis menunjukkan bahwa: a) pencapaian dan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa melalui pembelajaran PS lebih baik dari siswa yang memperoleh PB, dan b) Self-concept matematis siswa melalui pembelajaran PS lebih baik dari siswa yang memperoleh PB.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
 
Contributor
 
Date 2018-09-10
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/1272
10.26594/jmpm.v3i2.1272
 
Source JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 3, No 2: September 2018 - Februari 2019; 108-122
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 3, No 2: September 2018 - Februari 2019; 108-122
2502-9878
2502-986X
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/1272/856
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/downloadSuppFile/1272/86
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/downloadSuppFile/1272/87
 
Rights Copyright (c) 2019 JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika