Record Details

Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kecakapan Pembuktian Matematis Mahasiswa Calon Guru

JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kecakapan Pembuktian Matematis Mahasiswa Calon Guru
 
Creator Ashari, Nur Wahidin
Salwah, Salwah
 
Subject Matematika, Pendidikan, Pendidikan Matematika
Problem Based Learning; Kecakapan Pembuktian Matematis
 
Description Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecakapan pembuktian matematis dan mengetahui respons mahasiswa terhadap model Problem Based Learning. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah Program Studi Pendidikan Matematika semester VI Universitas Cokroaminoto Palopo Tahun Akademik 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan adalah Non-full Randomized Pretest-posttest Control Group Design yaitu melibatkan dua kelas. Kelas eksperimen yaitu kelas yang memperoleh penerapan Model Problem Based Learning, dan kelas kontrol yaitu kelas yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Konvensional. Penelitian ini diterapkan dalam matakuliah Analisis Real. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah peningkatan kecakapan pembuktian matematis pada mahasiswa yang memperoleh penerapan Problem Based Learning lebih baik daripada Pembelajaran Konvensional.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
 
Contributor
 
Date 2017-09-04
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/891
10.26594/jmpm.v2i2.891
 
Source JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 2, No 2: September 2017 - Februari 2018; 100-109
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 2, No 2: September 2017 - Februari 2018; 100-109
2502-9878
2502-986X
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/891/673
 
Rights Copyright (c) 2017 JMPM