Record Details

Penggunaan Scaffolding untuk Mengatasi Kesulitan Problem Solving Mahasiswa Calon Guru

JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penggunaan Scaffolding untuk Mengatasi Kesulitan Problem Solving Mahasiswa Calon Guru
 
Creator Satiti, Wisnu Siwi
Verdianingsih, Eliza
 
Subject Mathematics Education; Higher education
scaffolding; problem-solving; mahasiswa calon guru
 
Description Banyak mahasiswa mengalami kesulitan dalam problem-solving karena mereka tidak mengetahui konsep yang mendasari masalah/soal. Pada umumnya mahasiswa menyelesaikan masalah matematika dengan sekedar fokus pada formula/rumus dan menyubtitusikan bilangan ke dalam formula tersebut tanpa memperhatikan prinsip yang relevan maupun strategi yang tepat. Akibatnya, mahasiswa tidak dapat menemukan solusi yang tepat.  Untuk mengatasi hal ini, diberikan scaffolding pada mahasiswa dalam aktivitas problem-solving.  Sehingga, tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh gambaran menyeluruh tentang bagaimana scaffolding membantu mahasiswa mengatasi kesulitan dalam problem-solving. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode design-research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa scaffolding yang diberikan membantu mahasiswa menemukan dan mengaplikasikan konsep/prinsip yang relevan, memfasilitasi mahasiswa melakukan refleksi terhadap strategi penyelesaian, dan mahasiswa dapat menentukan solusi yang tepat melalui tahapan problem-solving.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
 
Contributor RISTEKDIKTI
Universitas KH. A Wahab Hasbullah
 
Date 2019-09-19
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/1680
10.26594/jmpm.v4i2.1680
 
Source JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 4, No 2: September 2019 - Februari 2020; 113-127
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 4, No 2: September 2019 - Februari 2020; 113-127
2502-9878
2502-986X
 
Language eng
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/1680/945
 
Rights Copyright (c) 2019 JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika