Record Details

Relevansi Model Pembelajaran IDEA dalam Menanamkan Pemahaman Konsep

JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Relevansi Model Pembelajaran IDEA dalam Menanamkan Pemahaman Konsep
 
Creator Setiawan, Yayan Eryk
 
Subject Pendidikan Matematika
Pemahaman Konsep, Relevansi, Model Pembelajaran IDEA, Concept Understanding, Relevance, IDEA Learning Model.
 
Description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui relevansi pengembangan model pembelajaran IDEA dalam meningkatkan pemahaman konsep yang dilakukan dengan cara memberikan angket uji relevansi kepada 110 mahasiswa dan 10 dosen pendidikan matematika di Universitas Islam Malang. Dari hasil pengisian angket uji relevansi diperoleh bahwa relevansi model pembelajaran IDEA untuk meningkatkan pemahaman konsep ini sebesar 84,73% sesuai dengan kebutuhan mahasiswa untuk mengembangkan pemahaman konsep dan 74,17% sesuai dengan kebutuhan dosen untuk membelajarkan pemahaman konsep. Ini artinya pengembangan model pembelajaran IDEA sangat relevan dengan kebutuhan mahasiswa dalam meningkatkan pemahaman konsep dan relevan dengan kebutuhan dosen untuk membelajarkan pemahaman konsep. The purpose of this study was to determine the relevance of the development IDEA learning model in improving the concept understanding carried out by providing a relevance test questionnaire to 110 students and 10 lecturers of mathematics education at the Islamic University of Malang. From the results of the relevance test questionnaire obtained that the relevance of the IDEA learning model to improving concepts understanding is 84.73% according to the needs of students to develop understanding of concepts and 74.17% according to the needs of lecturers to teach understanding of concepts. This means that the development of the IDEA learning model is very relevant to the needs of students in improving understanding of concepts and relevant to the needs of lecturers to learn concept understanding. 
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
 
Contributor Universitas Islam Malang
 
Date 2021-09-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/1952
10.26594/jmpm.v6i2.1952
 
Source JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 6, No 2 (2021): September 2021 - Februari 2022; 177-186
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 6, No 2 (2021): September 2021 - Februari 2022; 177-186
2502-9878
2502-986X
 
Language eng
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/1952/1282
 
Rights Copyright (c) 2021 JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0