PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERSAMAAN KUADRAT MELALUI PETA KONSEP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS X SMAN I JOMBANG
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERSAMAAN KUADRAT MELALUI PETA KONSEP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS X SMAN I JOMBANG
|
|
Creator |
Kusumiati, Nanik Sri
|
|
Subject |
Matematika, Pendidikan, Pendidikan Matematika
Penelitian Tindakan Kelas; Peta Konsep; Kooperatif,; Jigsaw |
|
Description |
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam penelitian ini, diterapkan pembelajaran matematika melalui peta konsep dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 31,96% dan peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 7,39. Hal ini ditunjukkan dengan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 55,56% meningkat menjadi 87,50% pada siklus II, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 71,48 menjadi 78,89 pada Siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dan temuan-temuan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw sangat efektif untuk peningkatan hasil belajar Matematika materi Persamaan Kuadrat.
|
|
Publisher |
Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2016-03-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/511
10.26594/jmpm.v1i1.511 |
|
Source |
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016; 45-54
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016; 45-54 2502-9878 2502-986X |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/511/453
|
|