Record Details

PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERSAMAAN KUADRAT MELALUI PETA KONSEP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS X SMAN I JOMBANG

JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERSAMAAN KUADRAT MELALUI PETA KONSEP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS X SMAN I JOMBANG
 
Creator Kusumiati, Nanik Sri
 
Subject Matematika, Pendidikan, Pendidikan Matematika
Penelitian Tindakan Kelas; Peta Konsep; Kooperatif,; Jigsaw
 
Description Penelitian  ini  adalah  Penelitian  Tindakan  Kelas  yang  dilaksanakan dalam  dua  siklus.  Dalam  penelitian  ini,  diterapkan  pembelajaran matematika  melalui  peta  konsep  dengan  model  pembelajaran kooperatif  tipe  Jigsaw.  Hasil  penelitian  menunjukkan  adanya peningkatan  aktivitas  belajar  dan  hasil  belajar  siswa.  Peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 31,96% dan peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 7,39. Hal ini ditunjukkan dengan aktivitas siswa pada siklus  I  sebesar  55,56%  meningkat  menjadi  87,50%  pada  siklus  II, sedangkan  rata-rata  hasil  belajar  siswa  pada  siklus  I  sebesar  71,48 menjadi  78,89  pada  Siklus  II.  Berdasarkan  hasil  penelitian  dan temuan-temuan  pada  penelitian  ini  dapat  disimpulkan  bahwa pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw sangat efektif untuk peningkatan hasil belajar Matematika materi Persamaan Kuadrat.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
 
Contributor
 
Date 2016-03-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/511
10.26594/jmpm.v1i1.511
 
Source JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016; 45-54
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 1, No 1: Maret - Agustus 2016; 45-54
2502-9878
2502-986X
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/511/453