Pengaruh Penggunaan GeoGebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Topik Garis dan Sudut
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengaruh Penggunaan GeoGebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Topik Garis dan Sudut
|
|
Creator |
Nurfadilah, Umi
Suhendar, Uki |
|
Subject |
pendidikan matematika
Media Pembelajaran, GeoGebra, Pemecahan Masalah |
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran GeoGebra terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada topik Garis dan Sudut di kelas VII SMP Negeri 2 Pulung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pulung. Kelas VIIA diberi perlakuan pembelajaran dengan media GeoGebra dan kelas VIIB diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi pretest dan posttest yang berupa soal pemecahan masalah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t. Hasil uji dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa hasil nilai sig.=0,038 lebih kecil dari α sehingga ditolak. Artinya, penggunaan media GeoGebra di kelas eksperimen berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
|
|
Publisher |
Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2018-10-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/1294
10.26594/jmpm.v3i2.1294 |
|
Source |
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 3, No 2: September 2018 - Februari 2019; 99-107
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 3, No 2: September 2018 - Februari 2019; 99-107 2502-9878 2502-986X |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/1294/852
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
|
|