Record Details

Analisis Cluster Psikografis Konsumen Kediri Town Square

JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Cluster Psikografis Konsumen Kediri Town Square
 
Creator Tohari, Amin
 
Subject Matematika
Analisis Cluster; K-means; Komponen Psikografis
 
Description Perkembangan pusat perbelanjaan yang semakin pesat di kota Kediri menimbulkan adanya persaingan usaha, sehingga dibutuhkan strategi pemasaran seperti segmentasi konsumen pada komponen demografis dan psikografis. Dalam statistika, komponen-komponen tersebut dapat dinyatakan sebagai variabel. Untuk meringkas data dengan banyak variabel, akan digunakan analisis cluster dengan metode k-means cluster. Data yang digunakan adalah data hasil penyebaran kuisioner kepada konsumen Kediri Town Square. Analisis cluster akan dilakukan pada komponen psikografis konsumen Kediri Town Square. Metode sampling yang digunakan adalah systematic random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 103 responden. Analisis cluster menghasilkan empat segmen yaitu segmen yang dicirikan oleh konsumen yang lebih mempertimbangkan kualitas karena kualitas bagi mereka adalah nomer satu, segmen yang dicirikan oleh konsumen yang setia dengan merek, segmen yang tidak mempermasalahkan harga, dan segmen yang impulsive yaitu konsumen yang suka membeli barang yang tidak direncanakan sebelumnya.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
 
Contributor
 
Date 2016-09-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/580
10.26594/jmpm.v1i2.580
 
Source JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 1, No 2: September 2016 - Februari 2017; 109-118
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 1, No 2: September 2016 - Februari 2017; 109-118
2502-9878
2502-986X
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/580/511