Record Details

Hambatan Berpikir Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika dalam Memecahkan Masalah Limit Barisan serta Pemberian Scaffolding untuk Mengatasinya

JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Hambatan Berpikir Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika dalam Memecahkan Masalah Limit Barisan serta Pemberian Scaffolding untuk Mengatasinya
 
Creator Amintoko, Gunanto
Saraswati, Sari
Rahmawati, Novia Dwi
 
Subject Pendidikan Matematika
Hambatan berpikir; Limit barisan; Scaffolding
 
Description Kesulitan yang dialami mahasiswa dalam mempelajari materi barisan bilangan real meliputi kesulitan dalam memahami definisi limit barisan dan penggambaran visual barisan bilangan real. Kesulitan tersebut menandakan adanya hambatan berpikir pada mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian empat mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Hasyim Asy’ari. Hambatan berpikir mahasiswa ketika menyelesaikan masalah disebabkan oleh kurangnya pengetahuan awal dan kurangnya kemampuan analogi mahasiswa. Sedangkan hambatan berpikir mahasiswa ketika memeriksa kembali prosedur disebabkan oleh kurangnya kemampuan koneksi matematika mahasiswa. Untuk mengatasi hambatan berpikir mahasiswa tersebut, dosen memberikan scaffolding.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
 
Contributor
 
Date 2017-09-13
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/907
10.26594/jmpm.v2i2.907
 
Source JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 2, No 2: September 2017 - Februari 2018; 134-144
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 2, No 2: September 2017 - Februari 2018; 134-144
2502-9878
2502-986X
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/907/718
 
Rights Copyright (c) 2017 JMPM