Record Details

Analisis Proses Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri

JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Proses Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri
 
Creator Andriyani, Retno
Saleh, Hairul
Saputra, Nisvu Nanda
 
Subject Pendidikan Matematika
Berpikir, Kritis, Proses, Tingkat-Berpikir, Trigonometri
 
Description Tujuan dari penelitian ini adalah melihat proses berpikir kritis mahasiswa dalam menyelesaikan masalah trigonometri, metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika semester satu tahun ajaran 2019/2020 FKIP Univeritas Muhammadiyah Tangerang, sampel yang digunakan adalah kelas 1A1 yang berjumlah 25 orang. Untuk mengukur Tingkat Berpikir (TB) Intrumen yang digunakan adalah soal tes dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah dari 25 orang sampel didapat  TB-0: 47%, atau 12 Orang TB-1: 28% (7 orang), TB-1: 14% (3 orang), dan TB-2:11% (3 orang).  Berdsarkan hasil diatas dapat simpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis mahasiswa semester awal masih rendah. Untuk itu diharapkan pembelajaran yang dilaksanakan serta bahan ajar yang digunakan dapat mengembangkan berpikir kritis.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
 
Contributor
 
Date 2020-08-11
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/1852
10.26594/jmpm.v5i1.1852
 
Source JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 5, No 1: Maret - Agustus 2020; 76-85
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 5, No 1: Maret - Agustus 2020; 76-85
2502-9878
2502-986X
 
Language eng
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/1852/1099
 
Rights Copyright (c) 2020 JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0