Record Details

Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw sebagai Upaya Pendidikan Karakter Pada Matakuliah Operation Research

JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw sebagai Upaya Pendidikan Karakter Pada Matakuliah Operation Research
 
Creator Widayanti, Lilis
Hakim, Lukman
 
Subject Pendidikan, Pendidikan Matematika
Jigsaw; Pendidikan Karakter; Hasil Belajar; Operation Research
 
Description Penelitian yang dilakukan bermaksud untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk mengembangkan karakter dan meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah operation research. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada 19 mahasiswa kelas operation research. Langkah-langkah penelitian mengacu pada penelitian tindakan Kemmis dan Taggart yaitu (1) identifikasi masalah, (2) perencanaan, (3) pelaksanaan, (4) observasi, dan (5) refleksi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, lembar penilaian karakter mahasiswa, dan tes operation research. Langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan sintaks model kooperatif tipe jigsaw. Sedangkan karakter yang direkam dalam proses pembelajaran meliputi karakter mampu bekerjasama, tanggung jawab, dan kejujuran. Dari hasil tes materi metode transportasi dan penugasan terdapat peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II.
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
 
Contributor
 
Date 2017-03-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/892
10.26594/jmpm.v2i1.892
 
Source JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 2, No 1: Maret - Agustus 2017; 78-89
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 2, No 1: Maret - Agustus 2017; 78-89
2502-9878
2502-986X
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/892/643
 
Rights Copyright (c) 2017 JMPM