Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
|
|
Creator |
Damayanti, Eka
Susiswo, Susiswo Sa’dijah, Cholis |
|
Subject |
—
— |
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan discovery learning berbantuan video pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diselesaikan dalam dua siklus dengan tahapan persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas X MM SMK Negeri Puspo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa discovery learning berbantuan video pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik meliputi pemberian stimulus, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian (verifikasi), dan penarikan kesimpulan. Dari penerapan discovery learning berbantuan video pembelajaran diperoleh peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II dengan rata-rata hasil belajar dari 73,28 ke 80,16 dan ketuntasan belajar dari 62,5 % ke 87,5%.
|
|
Publisher |
Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
|
|
Contributor |
Universitas Negeri Malang
|
|
Date |
2022-03-26
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/vnd.openxmlformats-officedocument.wordprocessingml.document
|
|
Identifier |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/2595
10.26594/jmpm.v7i1.2595 |
|
Source |
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 7, No 1 (2022): Maret - Agustus 2022; 1-15
JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika; Vol 7, No 1 (2022): Maret - Agustus 2022; 1-15 2502-9878 2502-986X |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/2595/1349
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|