IMPLIKASI PEMBELAJARAN MIKRO DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MENGAJAR DI MADRASAH
Religi: Jurnal Studi Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
IMPLIKASI PEMBELAJARAN MIKRO DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MENGAJAR DI MADRASAH
|
|
Creator |
Syafi'i, Muhammad
|
|
Subject |
pendidikan islam
Pembelajaran Mikro; Keterampilan Dasar Mengajar |
|
Description |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan mengajar mahasiswa diniyah (Madin) periode 2012/2013 dalam pembelajaran mikro, dan untuk mengetahui perkembangan keterampilan mengajar mahasiswa diniyah dalam Real Teaching sehingga implikasi micro teaching (pembelajaran mikro) dalam pengembangan keterampilan mahasiswa madin dalam mengajar di Real Teaching, sehingga dapat diketahui kendala yang dialami mahasiswa dalam pengintegrasian keterampilan dasar mengajar dalam real teaching. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, penulis melaksanakan kegiatan yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: Pertama Tahap Perencanaan, pada tahap ini penulis menyusun desain pembelajaran mikro, menyusun alat ukur untuk menilai keterampilan mengajar mahasiswa diniyah (madin) dalam pembelajaran mikro dan perkembangan keterampilan mengajar mereka dalam Real Teaching. Kedua Tahap Pelaksanaan, pada tahap ini penulis mengamati dan menilai (berdasarkan instrument yang disusun pada tahap perencanaan) perkembangan keterampilan mengajar mahasiswa diniyah dalam pembelajaran mikro dan perkembangan keterampilan mengajar mereka dalam Real Teaching. Ketiga Tahap Evaluasi, pada tahap ini penulis menganalisa data-data yang terkumpul dalam tahap pelaksanaan sehingga diketahui hasilnya. Hasil penitian ini adalah kemampuan mengajar mahasiswa madin dalam pembelajaran mikro memperoleh rata-rata sangat baik yaitu 85, sedangkan Kemampuan mengajar mahasiswa madin dalam real teaching memperoleh rata-rata sangat baik yaitu 89, sehingga dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran mikro mempunyai implikasi dalam perkembangan keterampilan mengajar mahasiswa madin di Madrasah.The aim of the research is find out Islamic school students teaching skills of 2012/2013 intake. The skill will be observed during micro teaching program. This program also used to monitor the progress of students teaching skill in Real Teaching. Hence the implications of micro teaching toward student in Real Teaching can be seen. While also, it is used to figure out their obstacles to integrate teaching basic skill. To achieve the objectives this research, the author has been conducting activities that consists of three stages, namely: First Planning phase, at this stage the author arranges instructional design micro, drawing up a measurement tools for assessing skills teaching of student Islamic schools in micro teaching for the sake of developing teaching skill in real teaching. The Second, implementation; at this stage the author observes and assess (based on instrument which was compiled in the planning) development of teaching skill for students Islamic schools in Real Teaching. These three phases Evaluation, at this stage author analyzes data that the person has accrued in the final phase procedures so that it is known as a result. The result is teaching skill of students Islamic schools in micro teaching gets good score, that is 85, while teaching skill of students Islamic schools in real teaching is so good that is 89, so it can be concluded that micro teaching has implications in the development of teaching skill in real teaching.
|
|
Publisher |
Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum (UNIPDU) Jombang Jawa Timur Indonesia
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2014-10-10
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Artikel Peer-review |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/religi/article/view/422
|
|
Source |
Religi: Jurnal Studi Islam; Vol 5, No 2 (2014): Oktober; 228-250
2477-8397 1978-306X |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/religi/article/view/422/369
|
|