Record Details

PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP

Gamatika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP
 
Creator -, Buhaerah
 
Description Abstrak Dalam pembelajaran konvensional matematika, umumnya peserta didik tidak diberi kesempatan yang cukup untuk mengembangkan kemampuan penalaran mereka, karena guru lebih berkonsentrasi pada kegiatan matematika yang algoritmik dan mekanik sementara kemampuan dalam memecahkan masalah secara kritis dan kreatif dan berkomunikasi adalah penting bagi peserta didik untuk mengetahui di awal seperti era informasi global sebagai yang saat ini terjadi. Pembelajaran berbasis masalah (PBL) dilakukan dalam penelitian di artikel ini, yaitu tentang salah satu pendekatan untuk memfasilitasi pembelajaran matematika peserta didik dalam belajar melalui kegiatan pemecahan masalah. Subyek penelitian adalah empat puluh enam siswa kelas 2B di SMP Negeri 2 Parepare sebuah sekolah tinggi negeri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang mempertanyakan kemampuan penalaran dari lembar observasi buku harian siswa / jurnal dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran yang diterapkan cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran siswa. Sebagai tambahan, tanggapan siswa untuk PBL pada umumnya cukup positif. Kata Kunci : Pembelajaran berbasis masalah, Penalaran matematika Abstract In conventional teaching of mathematics, most students are not given enough opportunities to develop their reasoning ability, because teachers more  concentrate on the algorithmic  mathematical activities  and mechanical while ability to solve problems critically and creatively and to communicate is important for students to know at the outset such as the era of global information that is currently happening. Problem-based learning (or PBL for abbreviations) conducted the research in this article, which is about one approach to facilitate the learning of students in learning mathematics through problem-solving activities. Subjects  this research were forty-six students of class 2B in SMP Negeri 2 Parepare a state high school. The instrument used in this study is a test that questioned the reasoning abilities of observation sheet student diaries / journals and interviews. The results of research show  that the applied learning model is effective in improving student’s  reasoning abilities. In addition, the response of students to PBL are generally quite positive. Keywords: problem-based learning, mathematical reasoning
 
Publisher Gamatika
Gamatika
 
Contributor http://www.unipdu.ac.id/
 
Date 2013-01-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/gamatika/article/view/247
 
Source Gamatika; Vol 2, No 1 (2011): Jurnal Gagasan Matematika Dan Informatika
Gamatika; Vol 2, No 1 (2011): Jurnal Gagasan Matematika Dan Informatika
2087-6262
 
Language eng
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/gamatika/article/view/247/217