Record Details

PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA POKOK BAHASAN PEMBIASAN CAHAYA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 SIDOARJO

Gamatika

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA POKOK BAHASAN PEMBIASAN CAHAYA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 SIDOARJO
 
Creator Ilmi, Miftakhul
 
Description Abstrak
Telah dilakukan penelitian tentang Pengaruh Pembelajaran dengan Menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Subpokok Bahasan Pembiasan Cahaya Kelas VIII di SMP Negeri 4 Sidoarjo. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 4 Sidoarjo. Sampel penelitian diambil secara acak, yaitu 4 kelas yaitu 3 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Di mana 3 Kelas eksperimen, yaitu kelas VIII E, F, H dan kelas kontrol, yaitu kelas VIII G. Jumlah soal yang diujicobakan dalam penelitian ini sebanyak 40 butir soal. Hasil uji validitas diperoleh 15 soal gugur dan 25 soal valid. Uji realibilitas pada penelitian ini diperoleh koefisien reliabilitas r11 sebesar 0,775 sedangkan rmoment product (r tbl 95 %) sebesar 0,312 dan dan (r tbl 99%) sebesar 0,403. Dari hasil tersebut diperoleh r hitung > r tabel menunjukkan item tersebut reliabel. Untuk uji hipotesis yang mengunakan uji t, hipotesis dapat diterima karena nilai thitung Eksperimen I = 5,98 ; thitung Eksperimen II = 3,78 ; thitung Eksperimen III = 7,58 dan ttabel = -1,98 < t t tabel dengan taraf signifikan
 
Publisher Gamatika
Gamatika
 
Contributor http://unipdu.ac.id
 
Date 2012-11-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/gamatika/article/view/360
 
Source Gamatika; Vol 3, No 1 (2012): Jurnal Gagasan Matematika Dan Informatika
Gamatika; Vol 3, No 1 (2012): Jurnal Gagasan Matematika Dan Informatika
2087-6262
 
Language eng
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/gamatika/article/view/360/325