Record Details

PENGEMBANGAN BUKU SAKU DENGAN METODE MNEMONIK DALAM PEMBELAJARAN HURUF KANJI TINGKAT DASAR DI SMA DARUL ULUM 2 UNGGULAN BPPT CIC (CAMBRIDGE INTERNATIONAL CENTRE) JOMBANG

Educate

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGEMBANGAN BUKU SAKU DENGAN METODE MNEMONIK DALAM PEMBELAJARAN HURUF KANJI TINGKAT DASAR DI SMA DARUL ULUM 2 UNGGULAN BPPT CIC (CAMBRIDGE INTERNATIONAL CENTRE) JOMBANG
 
Creator Laili, Nurul
Fauziyah, Nailul
 
Description Nurul Laili
Nailul Fauziyah

Jurusan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Sastra, Unipdu Jombang
(dekiru22@gmail.com)

Abstrak

Penelitian ini dilakukan terhadap kelas ekstrakurikuler bahasa Jepang di SMA Darul Ulum 2
Unggulan BPPT CIC (Cambridge International Centre) Jombang yang berjumlah 20 orang.
Tujuan penelitian yang dilakukan yaitu untuk mengetahui kemampuan daya ingat siswa dalam
menulis kanji dengan menggunakan buku saku metode mnemonik sehingga hasil belajar yang
dilakukan pada setiap kegiatan belajar dapat meningkat dan efektif terutama dalam penguasaan
kanji. Metode penelitian R&D (Research & Development) digunakan karena penelitian ini
merupakan mengembangkan media pembelajaran dalam hal ini pengembangan buku saku
dengan metode mnemonik dan untuk mengetahui efektifitas dari penggunaan buku saku.
Pengembangan buku saku tersebut berasal dari buku ajar yang berupa lembaran-lembaran
kertas yang memuat seluruh materi dalam pengajaran bahasa Jepang dengan mengembangkan
fokus pada penguasaan kanji, baik menulis, membaca, dan memahami kanji dalam kalimat-
kalimat berdasarkan pola yang telah ada di dalam buku ajar. Berdasarkan data yang berasal
dari tim validator, respon siswa, dan unjuk kerja siswa, dihasilkan bahwa penguasaan siswa
akan kemampuan mengingat kanji dasar dengan menggunakan buku saku semakin meningkat.
Keseluruhan penelitian ini akan memberikan luaran dalam bidang pendidikan bahasa Jepang
antara lain sebagai bahan ajar berupa buku saku untuk pengayaan materi pembelajaran kanji
tingkat dasar dan sebagai bentuk penulisan jurnal ilmiah yang memiliki ISSN.

Kata Kunci: mengingat, buku kecil, kanji dasar
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
 
Contributor
 
Date 2014-03-07
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/educate/article/view/651
 
Source Educate; Vol 3, No 1 (2014)
Educate; Vol 3, No 1 (2014)
2301- 5101
 
Language eng
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/educate/article/view/651/561