Record Details

MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG MELALUI MEDIA ORIGAMI UNTUK SISWA SD KELAS AWAL

Educate

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG MELALUI MEDIA ORIGAMI UNTUK SISWA SD KELAS AWAL
 
Creator Andari, Novi
Wahyudin, Zida
 
Description Novi Andari
1

Zida Wahyuddin
2

Jurusan Bahasa Jepang Untag Surabaya

Abstrak

Membuat proses belajar yang menarik perhatian siswa adalah tugas guru. Guru harus
memahami jurus mengajar yang sesuai dengan karakteristik belajar siswanya. Terutama ketika
memperkenalkan bidang pembelajaran baru di luar bidang pembelajaran utama di kelas. Agar
siswa tertarik dan memperoleh manfaat belajar dalam mempelajari hal baru diperlukan
pemilihan model pembelajaran yang tepat. Dalam makalah ini membahas tentang simulasi
pembelajaran bahasa Jepang dasar untuk siswa kelas awal sekolah dasar terutama kelas 2 dan 3
melalui media origami yang menggunakan model pembelajaran langsung. Model pembelajaran
langsung mengutamakan pendekatan deklaratif dengan titik berat pada proses belajar konsep
dan keterampilan motorik, sehingga menciptakan suasana pembelajaran yang lebih terstruktur.
Simulasi ini dilakukan dalam kegiatan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui keberhasilan
penggunaan model pembelajaran langsung dalam proses memperkenalkan bahasa Jepang dasar
bagi siswa sekolah dasar kelas awal melalui media origami. Hasil evaluasi belajar ditunjukkan
dalam bentuk prosentase pemahaman siswa terhadap bahasa Jepang dasar dan keterampilan
origami.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Langsung, Bahasa Jepang, Media Belajar, Origami
 
Publisher Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
 
Contributor
 
Date 2016-11-23
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/educate/article/view/648
 
Source Educate; Vol 3, No 1 (2014)
Educate; Vol 3, No 1 (2014)
2301- 5101
 
Language eng
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/educate/article/view/648/558