PERBEDAAN KEMATANGAN SOSIAL ANAK PRA SEKOLAH ANTARA SEKOLAH FULLDAY DAN SEKOLAH REGULER
Eduhealth
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PERBEDAAN KEMATANGAN SOSIAL ANAK PRA SEKOLAH ANTARA SEKOLAH FULLDAY DAN SEKOLAH REGULER
|
|
Creator |
Nuraini, Nanik
-, Masruroh |
|
Description |
ABSTRAKKematangan sosial anak merupakan bagian dari perkembangan sosial anak yang diperoleh melalui sosialisasi dari penyerapan sikap, nilai-nilai, kebiasaan masyarakat sehingga individu menjadi skllful dalam menguasai kebiasaan.Kematangan sosial anak dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah pola pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kematangan sosial antara anak-anak pra-sekolah (5-6 tahun) belajar di hari penuh dan sekolah reguler di Kabupaten Jombang. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dilakukan dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi ini melibatkan seluruh mahasiswa ABA dan Al-Iman TK yang berlokasi di Jombang yang memenuhi kriteria, 86 siswa. 52 siswa yang diambil sebagai sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling dan diukur dengan menerapkan Skala Kematangan Sosial Vineland (VSMS) dan Multi-Nominal Hasil uji Logistic Regression menunjukkan bahwa ada perbedaan kematangan sosial antara anak-anak pra-sekolah belajar di hari penuh dan sekolah reguler.Kata kunci : Kematangan Sosial, penuh hari sekolah dan sekolah Reguler, pra sekolah ABSTRACTThe child’s social maturity is a part of the child’s social development that obtained through the socialization from the absorption of attitudes, values, society’s habits so that individuals become skllful in mastering the habits. The child's social maturity can be influenced by various factors; one of them is the pattern of education. The aim of this study is to find out the difference of social maturity between pre-school children (5-6 years) studying in full day and regular school in Jombang district.The type of this study was analytic observational done by using cross sectional approach. The population involved all students of ABA and Al-Iman Kindergarten located in Jombang who met the criteria, totally 86 students. 52 students were taken as the samples by using simple random sampling technique and measured by applying the Vineland Social Maturity Scale (VSMS) and the Multi-Nominal Logistic Regression Test.Keywords: Maturity Social, full day school and Reguler school, and pre school
|
|
Publisher |
Eduhealth
Eduhealth |
|
Contributor |
http://www.unipdu.ac.id/
|
|
Date |
2013-04-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/eduhealth/article/view/299
|
|
Source |
Eduhealth; Vol 3, No 1 (2013): Jurnal Eduhealth
Eduhealth; Vol 3, No 1 (2013): Jurnal Eduhealth 2087-3271 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/eduhealth/article/view/299/269
|
|