Record Details

Pergantian Senjata NPC pada Game FPS Menggunakan Fuzzy Sugeno

Prosiding Seminas

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pergantian Senjata NPC pada Game FPS Menggunakan Fuzzy Sugeno
 
Creator Arif, Yunifa Miftachul
Wicaksono, Ady
Kurniawan, Fachrul
 
Description Abstrak Pengembangan kecerdasan buatan dalam game bertujuan untuk membuat aksi dan reaksi yang secara otomatis pada NPC (Non-Player Character). Penelitian ini membahas tentang bagaimana sistem perubahan senjata secara otomatis pada NPC berdasarkan perubahan kondisi lingkungan yang dihadapi. Metode yang digunakan untuk menentukan jenis senjata yang digunakan pada penelitian ini adalah fuzzy sugeno. Untuk menghasilkan output fuzzy yang bervariasi, maka digunakan variabel jarak musuh dan jumlah teman. Desain pergantian senjata yang dibuat menggunakan software Matlab selanjutnya diujicobakan dalam game First Person Shooter menggunakan Torque Game Engine. Dalam hasil ujicoba game terjadi respon pergantian senjata pada masing-masing NPC terhadap kondisi yang dihadapi sesuai dengan rule fuzzy yang sudah didesain sebelumnya.   Kata kunci: NPC, pergantian senjata, otomatis, fuzzy sugeno.
 
Publisher Unipdu Jombang
 
Contributor http://www.unipdu.ac.id/
 
Date 2012-10-24
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/seminas/article/view/214
 
Source Prosiding Seminas Competitive Advantage; Vol 1, No 2 (2012): Seminas Competitive Advantage II
Prosiding Seminas; Vol 1, No 2 (2012): Seminas Competitive Advantage II
 
Language eng
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/seminas/article/view/214/164