PENCIPTAAN ENTREPRENEUR KOMPETITIF MELALUI PENGOPTIMALAN OTAK KANAN (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UTM)
Prosiding Seminas
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENCIPTAAN ENTREPRENEUR KOMPETITIF MELALUI PENGOPTIMALAN OTAK KANAN (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UTM)
|
|
Creator |
Wispandono, Moch
|
|
Description |
Abstrak Otak kanan perlu dioptimalkan penggunaannya untuk berbagai kepentingan manusia, di antaranya untuk kepentingan orang dalam menjalankan bisnis. Hal ini karena selain menggunakan otak kiri untuk berfikir pada hal-hal yang bersifat hitungan matematika dan ekonomi dalam menjalankan bisnis, otak kanan juga diperlukan untuk penciptaan hal-hal yang bersifat strategis dalam menjalankan bisnis. Studi ini merupakan studi kualitatif berdasarkan penelitian terhadap mahasiswa yang telah menerima bantuan dana Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) di lingkungan Universitas Trunojoyo Madura. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang telah menerima bantuan dana sejak beberapa tahun yang lalu sedangkan sampel yang diambil secara purposive random sampling diarahkan terhadap mahasiswa yang telah sukses menjadi entrepreneur berdasarkan kriteria yang ditetapkan Depdiknas (bud). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan berdasarkan pengalaman responden terhadap keberhasilan dalam menjalankan bisnis dengan mengoptimalkan penggunaan otak kanan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pada dasarnya kesuksesan mereka menjadi entrepreneur tidak terlepas dari pengoptimalan penggunaan otak kanan. Menurut mereka bahwa dalam menjalankan bisnis dan untuk bisa bersaing dengan pebisnis lainnya tidak bisa hanya mengandalkan modal (dana) saja tetapi juga harus bisa menciptakan strategi yang kompetitif. Penciptaan strategi yang kompetitif diperoleh dari pengoptimalan penggunaan otak kanan, seperti penciptaan strategi differensiasi. Strategi differensiasi menurut mereka perlu dilakukan dengan membuat produk atau jasa dan layanan  yang berbeda dengan produk atau jasa yang diciptakan oleh pesaing. Kata Kunci : Otak kanan, Entrepreneur, Kompetitif, Diferensiasi  Abstract Use the right brain needs to be optimized for a variety of human interests, among them for the benefit of running a business. This is because of in addition to using the left brain to think on things that are a matter of mathematics and economics of running a business, the right brain is also necessary for the creation of the things that are strategic to the business. This study was a qualitative study based on a study of students who have received support Program Mahasiswa Wirausaha/PMW (Entrepreneur Student Program) at the Madura Trunojoyo University. The population was all students who have received funding from several years ago while samples taken at random purposive sampling is directed toward students who have successfully become entrepreneurs based on Depdikbud(Nas) criteria. The purpose of this study was to describe the respondents' experience in running a successful business by optimizing the use of the right brain. Based on the results of the study found that they essentially become an entrepreneur's success is inseparable from optimizing the use of the right brain. According to them that in running a business and to compete with other businesses can not rely solely on capital (funds), but also be able to create a competitive strategy. Creation of competitive strategies derived from optimizing the use of the right brain, such as the creation of the differentiation strategy. Differentiation strategies they need to be done by making a different product or service and with a product or service created by the competitors. Key Words : Right brain, Entrepreneur, Competitive, Differentiation.
|
|
Publisher |
Unipdu Jombang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2012-10-22
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/seminas/article/view/188
|
|
Source |
Prosiding Seminas Competitive Advantage; Vol 1, No 2 (2012): Seminas Competitive Advantage II
Prosiding Seminas; Vol 1, No 2 (2012): Seminas Competitive Advantage II |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.unipdu.ac.id/index.php/seminas/article/view/188/135
|
|