Record Details

Pembelajaran Ipa Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pgmi Di Unipdu Jombang

Prosiding Seminas

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pembelajaran Ipa Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pgmi Di Unipdu Jombang
 
Creator S.Putra, Miftakhul Ilmi
 
Description Abstrak Mata kuliah IPA bagi para mahasiswa PGMI di Unipdu Jombang merupakanmata kuliah yang memiliki kesulitan untuk dipelajari.  Akibatnya mahasiswa selama mengikuti pembelajaran tidak termotivasi untuk mengemukakan pendapat dan berpikir kritis dalam pembelajaran. Hal ini merupakan tantangan bagi dosen sains  untuk mencari solusi bagaimana kegiatan pembelajaran menjadi bermakna dan mahasiswa dapat mengikuti dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh pembelajaran IPA dengan pendekatan keterampilan prosesdalam meningkatkanhasil belajarmahasiswa.  Sampel penelitian adalah mahasiswa Semester 6 Program Studi PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah), Unipdu, Jombang.  Penelitian dilaksanakan pada bulan April – Mei 2012 menggunakan metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data melalui tes kognitif, observasi, dan wawancara. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan pendekatan keterampilan proses meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Setelah mengikuti pembelajaran IPA dengan pendekatan keterampilan proses, ketuntasan individual mahasiswa mencapai 100%. Rata-rata proporsi jawaban benar dari mahasiswa sebesar 94%. Kata kunci:keterampilan proses, hasil belajar, mahasiswa  Abstract Science classes are considered as difficult subject.  As a result, students are not motivated to express their opinions and critical thinking during their classes. The condition, therefore, requires science teachers to find a solution to deliver meaningful learning activities in friendly environment. This study was aimedtoinvestigatethe influence ofscience learning with process skillsapproachto improvestudent’sachievement. Students of 6th semester majoring in PGMI, Unipdu, Jombang, were subjected with the tested learning method. The study was conductedinMarch-May2012 with experimental method.  Students’ performance was assesed through cognitive tests, observation, andinterviews. Results ofthis study indicatethat science learning with process skillsapproachto improve students achievement.  After administered with the learning method, 100% of the students were able to master the learning materials.  The average of the correct answers by students was 94%. Kata kunci: process skills, learning achievement, students.
 
Publisher Unipdu Jombang
 
Contributor
 
Date 2012-10-22
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/seminas/article/view/182
 
Source Prosiding Seminas Competitive Advantage; Vol 1, No 2 (2012): Seminas Competitive Advantage II
Prosiding Seminas; Vol 1, No 2 (2012): Seminas Competitive Advantage II
 
Language eng
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/seminas/article/view/182/129