Record Details

Peningkatan Daya Saing Masyarakat Melalui Model Layanan Berbasis Konsumen Di Perguruan Tinggi

Prosiding Seminas

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Peningkatan Daya Saing Masyarakat Melalui Model Layanan Berbasis Konsumen Di Perguruan Tinggi
 
Creator maryati, wiwik
 
Description ABSTRAK Salah satu hambatan perekonomian Indonesia untuk menuju pasar tunggal ASEAN 2015 adalah masalah peningkatan sumber daya manusia agar mampu berdaya saing di pasar global. Tugas perguruan tinggi adalah mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi agar dapat mewujudkan sumber daya manusia yang mampu berdaya bersaing. Perguruan tinggi sampai sekarang masih dipercaya memiliki kekuatan moral mewujudkan masyarakat yang berdaya saing. Tulisan ini bertujuan mengetengahkan model layanan yang perlu dilakukan perguruan tinggi untuk dapat mencetak produk yang berkualitas. Untuk dapat mencetak produk yang berdaya saing perguruan tinggi harus berorientasi pada kebutuhan stakeholders, dalam hal ini mo del layanan berbasis konsumen. Orientasi ini diperlukan karena tak jarang di perguruan tinggi sering timbul sikap dan perilaku konsumerisme. Pengelolaan perguruan tinggi dengan model seperti ini menekankan 3 hal,  yaitu moving (dinamis menjawab persaingan), caring (kepedulian pada konsumen) dan innovating (inovasi). Kata Kunci: konsumerisme, layanan berbasis konsumen, daya saing   ABSTRACT One of the barriers to the Indonesian economy towards a single market of ASEAN in 2015 is a matter of increasing human resources to be able to competitiveness in the global marketplace. The task of university is to develop science and technology in order to realize the human resources capable of competing helpless. University are still believed to have the moral strength to achieve a competitive society. This paper aims to explores service model needs to be done university to be able to print a quality product. To be able to print a competitive product that university  must be oriented to the needs of stakeholders, in this model of consumer-based services. Orientation is necessary because not rare in university often arise attitudes and behaviors of consumerism. University management with a model like this emphasize three things, namely moving (dynamic competition answer), caring (concern for the consumer) and Innovating (innovation). Keywords: consumerism, consumer-based service, competitiveness,
 
Publisher Unipdu Jombang
 
Contributor
 
Date 2012-03-08
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/seminas/article/view/9
 
Source Prosiding Seminas Competitive Advantage; Vol 1, No 1 (2011): Seminas Competitive Advantage I
Prosiding Seminas; Vol 1, No 1 (2011): Seminas Competitive Advantage I
 
Language eng
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/seminas/article/view/9/10