Record Details

Kajian Penerimaan E-learning Siswa RSBI Dengan Technolgy Acceptance Model (TAM) Untuk Meningkatkan Mutu Siswa SMA di Daerah (Studi Kasus RSBI Kab. Jombang )

Prosiding Seminas

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Kajian Penerimaan E-learning Siswa RSBI Dengan Technolgy Acceptance Model (TAM) Untuk Meningkatkan Mutu Siswa SMA di Daerah (Studi Kasus RSBI Kab. Jombang )
 
Creator agustiawan, yosi
 
Description ABSTRAK Penggunaan e-learning pada proses pembelajaran di sekolah diyakini mampu untuk menigkatkan kualitas siswa. Dengan e-learning siswa di daerah dapat belajar dengan materi yang sama dengan siswa di kota besar dan bahkan di negara yang sudah maju. Meskipun penggunaan media ini semakin banyak diminati, tetapi penerapan metode belajar dengan menggunakan e-learning bukan suatu hal yang mudah, disamping investasi yang diperlukan cukup besar, masih ada beberapa masalah yang bisa menjadi penghambat dari keberasilan penggunaan metode belajar ini. Salah satu penghambat tersebut adalah masalah penerimaan siswa terhadap penggunaan e-learning. Penelitian ini dimaksud untuk melihat faktor–faktor yang mempengaruhi penerimaan siswa terhadap penggunaan e-learning, yang mengadopsi model TAM  (Technolgy Acceptance Model). Dari analisa data dengan  metode SEM (structural equation modeling)  maka diketahui bahwa faktor variabel kemudahan dalam menggunakan memiliki pengaruh yang terbesar terhadap keinginan untuk menggunakan dengan nilai Z 1,008 dan keyakinan sosial memiliki pengaruh yang terendah dengan nilai Z 0,127. Kata kunci:e-learning, technolgy acceptance model, structural equation modeling ABSTRACT The use of e-learning in the teaching and learning processat school is believed to increase learning outcome. This enables students in remote area to have learning materials as qualified as that of their counterpart in developed countries. However, although the use of e-learning considerably increases, the application of the e-learning at school is somehow complicated. Besides the financial reasons, students perception towards the device has been the problem for its effectiveness. This research is aimed at finding the factors influencing  students’ perception toward e-learning by adopting TAM (Technology Acceptance Model). After analyzing the data with SEM (Structural Equation Modelling) it is found that the variable of easiness in using the e-learning has significant effect on students’ enthusiasm in using it with Z value 1,008 and social trust has the lowest effect i.e. Z value 0,127 Keywords: e-learning, technolgy acceptance model, structural equation modeling
 
Publisher Unipdu Jombang
 
Contributor
 
Date 2012-03-08
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Artikel Peer-review
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/seminas/article/view/4
 
Source Prosiding Seminas Competitive Advantage; Vol 1, No 1 (2011): Seminas Competitive Advantage I
Prosiding Seminas; Vol 1, No 1 (2011): Seminas Competitive Advantage I
 
Language eng
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/seminas/article/view/4/4