Record Details

Pengenalan Angka Pada Sistem Operasi Android Dengan Menggunakan Metode Template Matching

Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengenalan Angka Pada Sistem Operasi Android Dengan Menggunakan Metode Template Matching
 
Creator Kusuma, Abdi Pandu
Darmanto, Darmanto
 
Description  Usia dini merupakan usia yang efektif untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki oleh anak. Upaya pengembangan potensi dapat dilakukan melalui berbagai cara termasuk dengan cara bermain. Bermain bagi anak merupakan cara yang tepat untuk belajar. Berdasarkan fenomena tersebut, maka perlu dibuat sebuah aplikasi pengenalan angka yang interaktif dengan unsur edukasi. Aplikasi tersebut diharapkan dapat mengambil keputusan secara otomatis apa yang ditulis anak itu bernilai benar atau salah dan juga dapat membangkitkan semangat belajar anak dalam mengenal pola angka. Solusi yang sesuai agar aplikasi tersebut dapat memberikan jawaban salah atau benar digunakan satu metode yaitu template matching. Pengenalan angka dengan menggunakan metode template matching dilakukan dengan cara membandingkan citra masukan dengan citra template. Hasil template matching dihitung dari banyaknya titik pada citra masukan yang sesuai dengan citra template. Template disediakan pada database untuk memberikan contoh cara penulisan pola angka. Uji coba dilakukan pada aplikasi sebanyak 40 kali dengan pola yang berbeda. Dari hasil uji coba didapat prosentase keberhasilan aplikasi ini mencapai 75,75%.Kata kunci: Belajar, bermain, Template Matching, dan pola.  Early childhood is an effective age to develop the potential of the child. Potential development efforts can be done through various ways, including by playing. Playing for children is a great way to learn. Based on this phenomenon, it should be made an introduction to the numbers interactive application with elements of education. The application is expected to take decisions automatically what the child is written is true or false, and also can encourage a child's learning in recognizing number patterns. Appropriate solutions so that the app can give an answer right or wrong to use the methods that template matching. The introduction of the numbers by using template matching is done by comparing the input image with the image of the template. Template matching results are calculated from the number of points in the input image corresponding to the image of the template. Templates are provided in the database to provide an example of how to write a pattern of numbers. Tests performed on the application as much as 40 times with different patterns. From the test results obtained percentage of success of these applications reached 75.75%.Keywords: Early age, playing, study,Template Matching.
 
Publisher Information Systems - Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum
 
Contributor
 
Date 2016-07-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.unipdu.ac.id/index.php/register/article/view/549
10.26594/register.v2i2.549
 
Source Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi; Vol 2, No 2 (2016): July; 68-78
Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi; Vol 2, No 2 (2016): July; 68-78
2502-3357
2503-0477
10.26594/register.v2i2
 
Language ind
 
Relation https://journal.unipdu.ac.id/index.php/register/article/view/549/485