Record Details

Implementasi Media Sam’iyyah Basyariyah Dalam Pembelajaran Mufrodhat Wan Nusus Al Masmu’ah Semester Iv PBA IAIMU Pamekasan

Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Implementasi Media Sam’iyyah Basyariyah Dalam Pembelajaran Mufrodhat Wan Nusus Al Masmu’ah Semester Iv PBA IAIMU Pamekasan
 
Creator Sulaiman, Edy
Anisah Isnaini
 
Description The method is a way or means that must be taken to achieve certain goals and of course the sam'iyyah basyariyah media cannot be separated from the use of information technology (IT) or other media which are tools to achieve a learning goal. The application of the sam'iyyah bashariyyah media will make it easier and faster to understand the material (Istima'1 al-Mufrodhat wannusus al-Masmu'ah) for fourth semester students, besides that the learning process is more enjoyable and students are increasingly interested in the material presented, so that learning objectives can be achieved maximally. This type of research is field research using a descriptive qualitative approach. The object of research in this scientific work is the implementation / application of the sam'iyyah basyariyyah media in the istima 'al-mufrodhat wannusus al-masmu'ah semester IV PBA STAIMU Pamekasan course. While the subjects in this study were Arabic language lecturers of PBA STAIMU Pamekasan and fourth semester students of PBA STAIMU Pamekasan. The method used in collecting data is by observation, interview and documentation methods. Based on the results of the data obtained from the tiger-type training in syam'iyyah basyariyyah media with the use of existing technology tools at the time of learning, the steps in applying the sam'iyyah basyariyah media in the form of videos include: (1) preparation before using the media by controlling the location of the media equipment in such a way, (2) Activities while using the media by displaying videos in the form of stories, news and Arabic advertisements (3) follow-up activities by giving some questions during evaluation, and giving oral and written questions to students and the majority of students are able to answer question given. This proves that the use of sam'iyyah basyariyyah media in the form of slides and learning videos is good for application in Arabic learning
Metode merupakan  jalan  atau cara yang  harus ditempuh untuk mencapai tujuan tertentu dan tentunya media sam’iyyah basyariyah tidak lepas dengan penggunaan informasi tekhnologi (IT) atau media lainya yang merupakan alat untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. Penerapan media sam’iyyah bashariyyah akan mempermudah dan lebih cepat paham terhadap materi (Istima’1 al-Mufrodhat wannusus al-Masmu’ah) bagi mahasiswa semester IV, selain itu proses pembelajaran lebih menyenangkan serta mahasiswa semakin tertarik terhadap materi yang di sampaikan, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun objek penelitian dalam karya ilmiyah ini adalah Implementasi/penerapan media sam’iyyah basyariyyah dalam mata kuliah istima’ al-mufrodhat wannusus al-masmu’ah semester IV PBA STAIMU Pamekasan. Sedangkan subjek dalam penelitian ini dosen bahasa arab PBA STAIMU Pamekasan dan Mahasiswa semester IV PBA STAIMU Pamekasan. Cara yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dari macan-macam latihan media syam’iyyah basyariyyah dengan penggunaan alat teknologi yang ada pada saat pembelajaran, langkah-langkah dalam penerapan media sam’iyyah basyariyah yang berupa video diantaranya adalah: (1) persiapan sebelum menggunakan media dengan mengatur letak peralatan media sedemikian rupa, (2) Kegiatan selama menggunakan media dengan menampilkan video berupa kisah, berita dan iklan arab (3) kegiatan tindak lanjut dengan cara pemberian beberapa soal ketika evaluasi, dan memberikan soal lisan dan tulis kepada mahasiswa dan mayoritas mahasiswa mampu menjawab soal yang diberikan. Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan media sam’iyyah basyariyyah berupa slide dan video pembelajaran sudah baik untuk di terapkan pada pembelajaran bahasa arab.
 
Publisher LP2M IAI Miftahul Ulum Pamekasan
 
Date 2021-12-12
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/ulumuna/article/view/5254
 
Source Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman; Vol. 7 No. 2 (2021); 157-172
Ulumuna: Jurnal Studi Keilsman; Vol 7 No 2 (2021); 157-172
2685-9181
2442-8566
10.36420/ju.v7i2
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/ulumuna/article/view/5254/3431
 
Rights Copyright (c) 2021 Edy Sulaiman, Anisah Isnaini
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0