Record Details

KONTRIBUSI KURIKULUM PENDIDIKAN PESANTREN AN-NÂSYIIN DALAM MEWUJUDKAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL

Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KONTRIBUSI KURIKULUM PENDIDIKAN PESANTREN AN-NÂSYIIN DALAM MEWUJUDKAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL
 
Creator Yaqin, Ainul
 
Subject Curriculum of Islamic Boarding School
Target of National Education
 
Description Dalam struktur pendidikan nasional, pesantren merupakan salah satu subsistem yang bergerak dalam bidang pendidikan. Hal ini tidak hanya karena historis kemunculannya yang relatif lama, tetapi juga karena pesantren telah secara aktif dan kontinu ikut andil dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan memberikan pencerahan terhadap masyarakat, sebagaimana pesanten An-Nâsyiin yang telah berumur setengah abad lebih, dari penyelengaraan pendidikan lembaga yang berada di bawah naungannya telah banyak memberikan kontribusi yang konkrit dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Hal ini dapat dibuktikan kebenarannya dari model pengembangan kurikulum pendidikannya yang mengacu pada integrated curriculum, yaitu kurikulum kepesantrenan, Kemenag dan Kemendikbud yang ketiganya ini dipadu dan dikemas dalam intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler pesantren, sehingga dengan adanya integrasi kurikulum tersebut, peserta didik (santri) An-Nâsyiin memiliki prestasi pengetahuan dalam bidang akademik keagamaan, akademik umum, akademik emosional-spiritual dan keterampilan, yang mana keempat prestasi tersebut merupakan beberapa indikator dari tujuan pendidikan nasional
 
Publisher LP2M IAI Miftahul Ulum Pamekasan
 
Date 2015-12-11
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/ulumuna/article/view/1622
 
Source Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman; Vol. 1 No. 2 (2015)
Ulumuna: Jurnal Studi Keilsman; Vol 1 No 2 (2015)
2685-9181
2442-8566
 
Language ind
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/ulumuna/article/view/1622/1196
 
Rights Copyright (c) 2016 Ainul Yaqin