Record Details

KONSEP PENDIDIKAN NAWÂWÎ AL-BANTANÎ

Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KONSEP PENDIDIKAN NAWÂWÎ AL-BANTANÎ
 
Creator Ismail, Yahya Zahid
 
Subject Kata Kunci
Nawâwî Al-Bantanî
Metode
Pendidikan Islam
 
Description Dalam konteks Nawâwî Al-Bantanî, Ia memperoleh gelar Sayyid Ulama al-Hijaz, Fuqaha’ dan Hukama terakhir, Imam Ulama al-Haramain dan Guru Besar pada Nasrul Ma’arif Diniyah di Mekah. Menurut suatu sumber, ia mengarang kitab sekitar 115 buah, sedangkan menurut sumber lain sekitar 99 buah, yang terdiri dari Ilmu Tafsir, Akhlak/Tasawuf, Hadits, Teologi, Tarikh, dan lain-lain, dan di antara karya monumentalnya yang orisinal adalah Marâh Labīd Tafsīr li Kasyf Ma’na Qurân Majid. Dia juga pernah berdialog langsung dengan Syekh Muh}ammad Abduh (pembaharu pemikiran Islam di Mesir) dan beberapa kali memberikan ceramah di Universitas Al-Azhar. Tujuan pendidikan dalam Islam menurut Nawâwî merupakan refleksi dari fungsi manusia sebagai ‘ubudiyah dan khalifah. Maksud manusia untuk ’ubudiyah ialah semua aktivitas manusia harus dibingkai dengan nilai mardatillah dan kebahagiaan akhirat. Sedangkan fungsi manusia sebagai khalifah adalah bagaimana mengatur kehidupan dan mengolah alam semesta ini untuk kemakmuran bagi manusia sekarang dan generasi mendatang, sekaligus juga ubudiyah. Nawâwî mengatakan: ”pendekatan diri kepada Allah itu merupakan tujuan pendidikan. Orang dapat mendekatkan diri kepada Allah hanya setelah memperoleh ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan itu sendiri tidak akan dapat diperoleh menusia kecuali melalui pengajaran”
 
Publisher LP2M IAI Miftahul Ulum Pamekasan
 
Date 2015-12-11
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/ulumuna/article/view/1159
 
Source Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman; Vol. 1 No. 2 (2015); 121-145
Ulumuna: Jurnal Studi Keilsman; Vol 1 No 2 (2015); 121-145
2685-9181
2442-8566
 
Language ind
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/ulumuna/article/view/1159/802
 
Rights Copyright (c) 2016 Yahya Zahid Ismail