Record Details

ETNOLINGUISTIK FALSAFAH HIDUP MASYARAKAT MADURA

Halimi: Journal of Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ETNOLINGUISTIK FALSAFAH HIDUP MASYARAKAT MADURA
 
Creator Faridi, Moh
 
Description Dalam kehidupan masyarakat madura dikenal falsafah hidup bappa', bhabbu', ghuru, ratho. Konsep ini merupakan bentuk penghormatan masyarakat madura kepada orang tua, guru, dan pemerintah. Kepada figur-figur itulah kepatuhan masyarakat Madura menampakkan wujudnya dalam kehidupan sosial budaya mereka. Pola hierarki bahasa yang digunakan berdasarkan falsafah hidup tersebut juga tampak dalam budaya hidup masyarakat Madura. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji falsafah hidup bappa', bhabbu', ghuru, ratho dan pengaruhnya pada budaya merantau masyarakat Madura secara etnolinguistik. Kajian ini termasuk penelitian kualitatif, data yang digunakan dalam kajian ini adalah tuturan dalam komunikasi keseharian masyarakat perantau Madura dengan figur-figur hierarki dalam falsafah hidup tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis model interaktif. Hasil kajian menunjukkan bahwa seluruh responden menunjukkan pola hierarki bahasa dan kepatuhan yang berurutan dari falsafah hidup bappa', bhabbu', ghuru, ratho. Berdasarkan falsafah tersebut rata-rata  masyarakat Madura merantau karena alasan menjaga harga diri keluarga (bappa', bhabbu'), memberikan penghargaan untuk ghuru (kiai) setelah pulang merantau, dan karena alasan desakan ekonomi. Tidak ada responden yang mengaku merantau karena dorongan ratho (pemerintah).
 
Publisher LP2M STEI Walisongo Sampang
 
Date 2021-02-15
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/halimi/article/view/5167
 
Source Halimi: Journal of Education; Vol. 2 No. 1 (2021)
 
Language eng
 
Relation http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/halimi/article/view/5167/3398
 
Rights Copyright (c) 2021 Halimi: Journal of Education